Advertisement

Ribuan PNS dan Tenaga Honorer Kulonprogo Ditarik Pemda DIY

Rima Sekarani
Selasa, 12 Mei 2015 - 09:20 WIB
Nina Atmasari
Ribuan PNS dan Tenaga Honorer Kulonprogo Ditarik Pemda DIY Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengabsen satu per satu pegawai negeri sipil di kantor BPMDPKB Kulonprogo saat sidak pegawai di hari pertama masuk kerja pasca libur Lebaran, Senin (4/8/2014). (Holy Kartika N.S/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Ribuan PNS dan tenaga honorer di Kulonprogo ditarik Pemda DIY

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sekitar 1.100 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo akan ditarik Pemerintah DIY. Hal itu menindaklanjuti Peraturan Daerah No.23/2014 tentang Pemerintah Daerah.

Advertisement

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kulonprogo, Heriyanto mengatakan, aturan tersebut membuat setiap kabupaten/kota melakukan pemetaan terkait personel, pembiayaan, sarana prasarana, dan dokumentasi.

“Jumlah itu sifatnya masih sementara berdasarkan hasil pemetaan,” ungkap Heriyanto, Senin (11/5/2015).

Heriyanto lalu menuturkan, beberapa kewenangan yang akan ditarik Pemda DIY adalah pendidikan jenjang SMA/SMK, pengelolaan terminal bus, pengawasan ketenagakerjaan, kelautan, kehutanan, ESDM dan penyuluhan Keluarga Berencana (KB). “Paling banyak di bidang pendidikan,” ujarnya.

Namun, juga akan ada beberapa kewenangan yang dikembalikan ke Pemkab Kulonprogo. Misalnya pengelolaan SMP Negeri 1 Wates dan SMP Negeri 1 Galur. Heriyanto menambahkan, pihaknya juga  sedang mempersiapkan draf rancangan peraturan daerah (raperda) terkait revisi urusan pemerintahan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana mengaku telah melakukan pemetaan dan berkoordinasi dengan Bagian Pemerintahan Setda Kulonprogo. “Tugas kami hanya menyiapkan data jumlah sekolah, guru, pegawai, siswa, hingga asetnya,” kata Sumarsana.

Sumarsana mengungkapkan ada 17 SMA/SMK yang pengelolaannya akan diserahkan kepada Pemda DIY. Namun sebelumnya Pemda DIY sudah menangani SMA Negeri 2 Wates dan SMK Negeri 1 Pengasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement