Advertisement

UJIAN SD 2015 : Lima Paket Soal Disiapkan untuk Ujian SD

Redaksi Solopos
Jum'at, 15 Mei 2015 - 23:20 WIB
Nina Atmasari
UJIAN SD 2015 : Lima Paket Soal Disiapkan untuk Ujian SD (JIBI/Solopos/Septhia Ryanthie)Siswa SDN Tlogolele 2, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, mengikuti ujian sekolah/madrasah (USM) di sekolah setempat, Senin (19/5 - 2014).

Advertisement

Ujian SD 2015 di Jogja, disiapkan lima paket soal

Harianjogja.com, JOGJA- Soal Ujian Sekolah Daerah untuk jenjang sekolah dasar yang dimulai Senin (18/5/2015) disiapkan dalam lima paket sehingga peserta akan mengerjakan soal yang berbeda-beda untuk mengantisipasi kecurangan.

Advertisement

"Akan ada lima paket soal di tiap ruangan. Peserta akan mengerjakan ujian sekolah daerah [USDA] ini dengan mengisi lembar jawab komputer," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Jogja, Jumat (15/5/2015).

Komposisi soal ujian sekolah daerah pada tahun ajaran 2014/2015 tidak akan berbeda jika dibanding komposisi tahun sebelumnya yaitu 25 persen soal dari pusat dan sisanya soal dari daerah.

"Soal disusun oleh penulis soal yang kompeten sesuai kisi-kisi yang sudah ditetapkan," katanya.

Ujian sekolah daerah di Kota Jogja akan diikuti oleh sekitar 10.000 peserta yang tersebar di SD/MI negeri dan swasta. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Ujian berlangsung selama tiga hari sehingga setiap hari ada satu mata pelajaran yang diujikan," katanya.

Soal ujian sekolah daerah akan ditempatkan di sekolah yang sudah ditunjuk sebagai unit pelaksana teknis (UPT) atau pokja. Kota Jogja terbagi dalam empat UPT yaitu Timur, Barat, Selatan dan Utara.

"Pengamanan soal dilakukan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan. Kami berharap, siswa bisa mengerjakan soal dengan baik dan tidak perlu merasa takut atau khawatir," katanya.

Hasil ujian sekolah daaerah tersebut tidak akan digunakan sebagai penentu kelulusan, namun akan dijadikan pertimbangan masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement