Harian Jogja Bersih-Bersih Pantai Trisik

18 Mei 2015 02:22 WIB Kulonprogo Share :

Harian Jogja melakukan aksi bersih-bersih Pantai Trisik.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Memperingati hari ulang tahun ketujuh, Harian Jogja menggelar aksi bersih-bersih Pantai Trisik di Kulonprogo, Sabtu (16/5/2015). Acara yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Pemkab Kulonprogo tersebut juga diikuti beberapa perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), ratusan pelajar SMA/SMK di Kecamatan Galur dan Lendah, beberapa mitra Harian Jogja, serta sejumlah warga sekitar.

Sampah yang berserakan di Pantai Trisik tidak hanya berupa sampah plastik. Banyak pula potongan kayu, bambu, dan kelapa. Para relawan aksi bersih-bersih Pantai Trisik lalu memilah sampah menjadi dua. Sampah plastik dikumpulkan dalam truk pengangkut sampah untuk dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA), sedangkan sampah kayu dan bambu dikumpulkan di beberapa titik pinggir pantai untuk dibakar.

Usai aksi bersih-bersih, Harian Jogja melakukan senam angguk bersama. Suasana menjadi lebih akrab dan meriah ketika beranjak ke acara hiburan dan pembagian doorprize.

“Ini adalah rangkaian acara ulang tahun Harian Jogja yang ketujuh. Setiap tahun kami mencoba mengusung tema berbeda, sesuai slogaaan kami, yaitu berbudaya membangun kemandirian,” ungkap Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Adhitya Noviardi.

Adhitya menambahkan, kegiatan hari itu juga menjadi wujud komitmen mendorong pembangunan ekonomi dan perkembangan pariwisata daerah, khususnya di Kulonprogo. Beberapa mitra setia Harian Jogja sengaja diajak agar juga bisa melihat dan mengenal potensi lokal.

“Penting bagi kita untuk membangun persepsi bahwa Kulonprogo adalah daerah yang potensial, misalnya saja dari pantainya,” ujarnya.

Selain bersih-bersih pantai, Harian Jogja juga menyerahkan bibit pohon penghijauan kepada Pemkab Kulonprogo. Bibit tersebut merupakan sumbangan dari Apartemen Uttara. Jumlahnya sekitar 200 bibit.

“Tema ulang tahun Harian Jogja berkaitan dengan lingkungan hidup dan itu juga konsep dasar apartemen kami,” ucap Romi Candra, perwakilan manajemen Apartemen Uttara.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengungkapkan, pengembangan sektor pariwisata dianggap jadi jalan pintas upaya akselerasi pendapatan daerah. Dia mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ulang tahun Harian Jogja yang mendukung promosi wisata Kulonprogo. “Kami menyadari media adalah tulang punggung promosi wisata,” tuturnya.

Setelah acara di Pantai Trisik berakhir, karyawan Harian Jogja langsung menuju Pantai Goa Cemara di Bantul. Selain menikmati keindahan pantai, para karyawan juga bersama-sama mengunjungi tempat penangkaran penyu di sana.