PILKADA GUNUNGKIDUL : KPU Jamin Tepat Waktu

Ilustrasi Pilkada (Dok/JIBI - Solopos)
20 Mei 2015 17:40 WIB Uli Febriarni Gunungkidul Share :

Pilkada Gunungkidul dijamin KPU tak akan mundur.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Meski hingga kini dana pelaksanaan tahapan Pilkada 2015 milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul belum dapat dicairkan, jadwal Pilkada diyakini tidak akan mundur.

Komisioner KPU Gunungkidul Divisi Teknis Penyelenggara, Ahmadi Ruslan Hani menyebutkan, meski dua pekan lalu telah disepakati MoU mengenai dana tahapan Pilkada, hingga kini dana masih belum dapat dicairkan.

Ia mengatakan, kendala yang muncul ialah, belum lama ini Kepala DPPKAD Kabupaten Gunungkidul, yang berwenang menandatangani dokumen pencairan dana, masih mengikuti pelatihan di luar kota.

"Namun beliau sudah pulang, harapannya dokumen bisa segera ditandatangani dan dana untuk membiayai tahapan Pilkada bisa dicairkan dalam dua atau tiga hari setelahnya," ujarnya, Senin (18/5/2015).

Ia menerangkan, memang ada anjuran dari Kemendagri dan KPU Republik Indonesia, apabila dana pelaksanaan tahapan Pilkada di masing-masing KPU daerah belum dapat dicairkan maksimal 18 Mei 2015, maka Pilkada di daerah setempat dapat diundur.

Ahmadi menuturkan, dana tahapan Pilkada yang sudah cair, barulah milik Kabupaten Sleman, sementara Kabupaten Bantul kondisinya masih sama dengan Kabupaten Gunungkidul.

18 Mei 2015, lanjutnya, adalah batas akhir pembentukan panitia ad hoc. Tapi karena tidak ada biaya, mereka yang sudah diberi SK belum dilantik, karena menunggu dana turun.

"Insya Allah Pilkada di Gunungkidul tidak diundur. Kalau kita menunggu dana tahapan ada, justru malah molor, sudah diatur oleh KPU RI, kita tidak boleh melanggar," imbuhnya.

Terpisah, Kepala DPPKAD Kabupaten Gunungkidul, Supartono menerangkan, saat ini proses pencairan dana bagi pelaksanaan tahapan Pilkada untuk KPU memang belum dapat dicairkan.

"Ini masih kita kaji dokumen pengajuannya, kalau sudah selesai dan ternyata lengkap semuanya, dana bisa dua atau tiga hari bisa dicairkan," ucapnya.