MASALAH LINGKUNGAN : Pemkot Berencana Luncurkan Bank Sampah Skala Kota

Sejumlah siswa SD Aswaja melihat pemilahan dan penimbangan sampah di bank sampah, Sukun, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/4/2015). Kegiatan tersebut merupakan upaya mengenalkan pentingnya bank sampah serta teknologi daur ulang sekaligus menanamkan kecintaan lingkungan kepada sekitar 60 siswa sekolah dasar setempat. (JIBI/Solopos/Antara - Ari Bowo Sucipto)
24 Mei 2015 02:20 WIB Jogja Share :

Masalah lingkungan mengenai penanganan sampah dikelola dengan bank sampah.

Harianjogja.com, JOGJA-Pemkot Jogja akan meluncurkan bank sampah skala kota pada tahun ini. Rencananya, bank sampah induk tersebut direalisasikan setelah Lebaran.

Kasubid Daur Ulang Sampah Bidang Pengembangan Kapasitas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jogja Faizah mengatakan bank sampah skala kota akan didirikan di Nitikan Sorosutan.

"Ini dapat memberi alternatif kepada warga jika tidak memiliki bank sampah di tingkat RW," ujarnya, Jumat (22/5/2015).

Keberadaan bank sampah kota, jelasnya, juga dapat membantu penjualan di tingkat wilayah sebab skala kota sudah bermitra dengan pengepul atau konsumen barang bekas.

Faizah menyebutkan saat ini terdapat 315 bank sampah yang berada di 315 RW dan tersebar di 45 kelurahan. Sampah yang dihasilkan tiap warga kota, imbuhnya, 0,6 kilogram per hari.