HARIAN JOGJA HARI INI : Menpora Jalan Terus

Harian Jogja Hari Ini Edisi Rabu Legi, 27 Mei 2015 (JIBI/Harian Jogja - dok)
27 Mei 2015 11:24 WIB Mediani Dyah Natalia Jogja Share :

Harian Jogja Hari Ini Edisi Rabu Legi, 27 Mei 2015

SIDANG PRA-PERADILAN : Bertarung Sendirian, Hadi Poernomo Kalahkan KPK
JAKARTA—Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengabulkan gugatan pra-peradilan yang diajukan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo atas penetapan dirinya sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hakim tunggal yang memimpin sidang, Haswandi, mengatakan perkara Hadi Poernomo tidak termasuk tindak pidana korupsi.

MAKANAN BERBAHAYA : Beras Plastik Ternyata Tidak Ada
JAKARTA—Polri telah rampung meneliti sampel beras yang disebut-sebut mengandung plastik. Hasilnya, beras yang diduga mengandung plastik rupanya tidak ada.

SEJARAH MATARAM DI TANAH JAWA : Sejarah Majapahit di Bumi Jawa (Bagian ketiga)
Dalam berbagai catatan sejarah seperti, Kerajaan Majapahit yang konon berpusat di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, merupakan cikal bakal Kerajaan Mataram di Tanah Jawa. Bahkan raja-raja yang berkuasa di Mataram merupakan keturunan langsung dari penguasa Majapahit. Namun beberapa catatan justru memberikan gambaran yang berbeda. Apa saja dan benarkan catatan sejarah itu? Berikut laporan wartawan Harian Jogja, Yudhi Kusdiyanto.

PERTANIAN : Ribuan Hektare Sawah Terancam Kekeringan
BANTUL—Ribuan hektare lahan persawahan di tiga kecamatan yakni Kretek, Sanden dan Srandakan, terancam kekeringan. Pasokan air dikhawatirkan tak sampai ke tiga wilayah itu, mengingat intake (sudetan) Bendung Kamijoro yang terletak di tepi Kali Progo tak lagi bisa digunakan. Untuk sementara, pasokan air untuk tiga wilayah itu mengandalkan air dari Bendung Pijenan.

KOMODITAS PANGAN : Bawang Impor Ilegal Masuk Pasar
JAKARTA—Bawang merah impor ilegal alias selundupan masuk pasar Indonesia. Temuan ada di Jakarta berdasar hasil investigasi Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI).

HARI JADI GUNUNGKIDUL : Masih Banyak Pekerjaan Rumah
WONOSARI—Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gunungkidul menilai kinerja pemerintah kabupaten sudah semakin baik tetapi ada beberapa target yang dicanangkan belum bisa terealisasi, misalnya penyerapan anggaran, pendidikan sampai kesejahteraan rakyat.

TRANSPORTASI : Dapat Hibah Bus, DIY Malah Bingung
JOGJA-Pemda DIY kebingungan mendapatkan hibah bus dari Kementerian Perhubungan. Pasalnya, bus yang dihibahkan memiliki ukuran besar dan tidak sesuai dengan kondisi jalan di wilayah DIY.

KEBUTUHAN POKOK : Bawang Merah Tembus Rp35.000/kg
KALIBAWANG—Harga komoditas bawang merah menembus Rp35.000 per kilogram di pasar tradisional. Sekitar dua pekan lalu harganya padahal Rp25.000 per kilogram.

Konflik PSSI : Manajemen Persiba Bingung
BANTUL -- Belum adanya kepastian pencabutan pembekuan PSSI oleh Kemenpora RI membuat Manajemen Persiba Bantul bingung.

LINGKUNGAN : Sleman Darurat Sampah
SLEMAN—Pengelolaan sampah di Kabupaten Sleman dalam keadaan darurat. Pasalnya baik dari target jumlah pengelolaan sampah mandiri (PSM) maupun transfer depo sampah saat ini masih belum mencapai target yang diinginkan.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja edisi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, Membangun Kemandirian.