PILKADA GUNUNGKIDUL : Total Dukungan 59.602, Calon Perseorangan Benyamin-Mustangid Menuju Tahap Selanjutnya

15 Juli 2015 11:23 WIB Uli Febriarni Gunungkidul Share :

Pilkada Gunungkidul telah mencapai tahapan penghitungan dukungan untuk calon perseorangan. Calon Perseorangan Benyamin-Mustangid mencapatkan total dukungan 59.602 suara sehingga lolos menuju tahap selanjutnya

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hasil penghitungan bukti dukungan kepada bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati dari jalur independen, Benyamin Sudarmadi dan Mustangid berjumlah total 59.602 dukungan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan pada Selasa (14/7/2015).

Zaenuri menjelaskan jumlah tersebut adalah jumlah dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat dari jumlah dukungan yang diserahkan pasangan sebanyak 68.000.

Pada masa sinkronisasi awal, KPU mendapatkan 65.419 jumlah dukungan. Kemudian mereka menjumpai 91 bukti dukungan ganda.

Setelah diturunkan ke PPS dan PPK, mereka masih menemukan bukti ganda dan tidak memenuhi syarat, seperti contohnya bukti dukungan dari warga Kecamatan Patuk masuk ke dalam data dukungan warga yang berada di Kecamatan Wonosari. Dari berkali-kali verifikasi, akhirnya jumlah dukungan yang berhasil direkapitulasi dari seluruh kabupaten berjumlah 59.602.

Jumlah tersebut sudah memenuhi syarat, karena dalam Peraturan KPU, jumlah syarat minimal bukti dukungan yang harus diserahkan oleh pasangan dari jalur independen ialah 56.209 dukungan. Setelah ini, pasangan calon dapat melanjutkan langkah untuk melengkapi syarat pencalonan.

"Pengumuman pendaftaran pasangan calon dilakukan hingga 25 Juli 2015," tutur Zaenuri.

Salah satu anggota tim sukses pasangan Benyamin Sudarmadi dan Mustangid, Adam Kristanto menjelaskan kini pihaknya tinggal menyiapkan segala persiapan untuk memenuhi syarat pencalonan dan maju ke tahapan berikutnya.