MUDIK LEBARAN : Peningkatan Jumlah Penumpang di Terminal Wates Belum Signifikan

15 Juli 2015 06:20 WIB Rima Sekarani Kulonprogo Share :

Mudik lebaran kali ini, peningkatan jumlah penumpang di Terminal Wates belum signifikan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tiga hari menjelang lebaran, Terminal Wates, Kulonprogo masih sepi pemudik. Kondisi tersebut bahkan diperkirakan terjadi hingga paskalebaran nanti.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Wates, Yunarti mengungkapkan, Terminal Wates memang tidak menjadi tujuan pemberhentian pemudik luar daerah. Jumlah penumpang keberangkatan bahkan jauh lebih sedikit. “Di sini cuma dilalui banyak bus. Tidak banyak penumpang yang turun, apalagi naik,” kata Yunarti, Selasa (14/7/2015).

Yunarti lalu memaparkan, sejak H-7 hingga Selasa pagi, ada 2.904 orang penumpang yang turun di Terminal Wates. Total penumpang yang berangkat hanya 893 orang. Sedangkan jumlah angkutan umum yang masuk mencapai 1.810 unit. Terdiri dari 1.437 bus AKAP, 135 AKDP, dan 238 angkudes.

“Sudah ada peningkatan jumlah penumpang tapi sedikit. Di sini memang ramainya saat arus balik,” ucapnya.

Kinah, salah satu perwakilan agen bus di Terminal Wates mengatakan, kondisi arus mudik memang selalu sepi setiap tahun. Peningkatan jumlah penumpang baru akan terlihat menjelang akhir libur lebaran nanti. “Lebih ramai arus balik. Ini saja sekarang sudah banyak yang pesan tiketnya,” ujar Kinah.

Kinah sendiri mengaku lebih banyak melayani calon penumpang tujuan Lampung. Setidaknya sudah ada 100 kursi yang dipesan. “Kalau yang tujuan Jakarta cuma sedikit. Mereka yang ke Lampung itu memang sudah langganan saya,” ungkapnya.

Menurut Kinah, Terminal Wates akan ramai didatangi pemudik mulai 23 Juli pekan depan. Puncak arus balik kemudian diperkirakan terjadi pada 24-25 Juli. “Pegawai swasta banyak yang mulai kerja tanggal 27 Juli. Anak-anak juga masuk sekolah tanggal segitu,” ucapnya.

Perwakilan agen bus lainnya, Zamzuri memiliki prediksi puncak arus balik yang sama. Dia juga mengaku sudah menerima banyak pesanan tiket untuk keberangkatan pasca lebaran. “Tujuannya kebanyakan ke wilayah Jabodetabek,” kata Zamzuri.

Zamzuri menambahkan, Terminal Wates akan tetap sepi meski lebaran semakin dekat. Menurutnya, banyak pemudik yang lebih memilih menggunakan kereta api dan kendaraan pribadi.