Advertisement

MUDIK LEBARAN : Peningkatan Jumlah Penumpang di Terminal Wates Belum Signifikan

Rima Sekarani
Rabu, 15 Juli 2015 - 06:20 WIB
Nina Atmasari
MUDIK LEBARAN : Peningkatan Jumlah Penumpang di Terminal Wates Belum Signifikan

Advertisement

Mudik lebaran kali ini, peningkatan jumlah penumpang di Terminal Wates belum signifikan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tiga hari menjelang lebaran, Terminal Wates, Kulonprogo masih sepi pemudik. Kondisi tersebut bahkan diperkirakan terjadi hingga paskalebaran nanti.

Advertisement

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Wates, Yunarti mengungkapkan, Terminal Wates memang tidak menjadi tujuan pemberhentian pemudik luar daerah. Jumlah penumpang keberangkatan bahkan jauh lebih sedikit. “Di sini cuma dilalui banyak bus. Tidak banyak penumpang yang turun, apalagi naik,” kata Yunarti, Selasa (14/7/2015).

Yunarti lalu memaparkan, sejak H-7 hingga Selasa pagi, ada 2.904 orang penumpang yang turun di Terminal Wates. Total penumpang yang berangkat hanya 893 orang. Sedangkan jumlah angkutan umum yang masuk mencapai 1.810 unit. Terdiri dari 1.437 bus AKAP, 135 AKDP, dan 238 angkudes.

“Sudah ada peningkatan jumlah penumpang tapi sedikit. Di sini memang ramainya saat arus balik,” ucapnya.

Kinah, salah satu perwakilan agen bus di Terminal Wates mengatakan, kondisi arus mudik memang selalu sepi setiap tahun. Peningkatan jumlah penumpang baru akan terlihat menjelang akhir libur lebaran nanti. “Lebih ramai arus balik. Ini saja sekarang sudah banyak yang pesan tiketnya,” ujar Kinah.

Kinah sendiri mengaku lebih banyak melayani calon penumpang tujuan Lampung. Setidaknya sudah ada 100 kursi yang dipesan. “Kalau yang tujuan Jakarta cuma sedikit. Mereka yang ke Lampung itu memang sudah langganan saya,” ungkapnya.

Menurut Kinah, Terminal Wates akan ramai didatangi pemudik mulai 23 Juli pekan depan. Puncak arus balik kemudian diperkirakan terjadi pada 24-25 Juli. “Pegawai swasta banyak yang mulai kerja tanggal 27 Juli. Anak-anak juga masuk sekolah tanggal segitu,” ucapnya.

Perwakilan agen bus lainnya, Zamzuri memiliki prediksi puncak arus balik yang sama. Dia juga mengaku sudah menerima banyak pesanan tiket untuk keberangkatan pasca lebaran. “Tujuannya kebanyakan ke wilayah Jabodetabek,” kata Zamzuri.

Zamzuri menambahkan, Terminal Wates akan tetap sepi meski lebaran semakin dekat. Menurutnya, banyak pemudik yang lebih memilih menggunakan kereta api dan kendaraan pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement