Advertisement

LIBUR LEBARAN : Cara Unik Ramaikan Lebaran, Mancing Bersama di Parit

Rima Sekarani
Senin, 20 Juli 2015 - 10:21 WIB
Nina Atmasari
LIBUR LEBARAN : Cara Unik Ramaikan Lebaran, Mancing Bersama di Parit Ratusan warga Desa Demen, Kecamatan Kokap, Kulonprogo menggelar acara memancing bersama, Minggu (19/7/2015). (Harian Jogja - Rima Sekarani)

Advertisement

Libur lebaran dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan mancing bersama

Harianjogja.com, KULONPROGO- Warga Desa Demen, Kecamatan Temon, Kulonprogo punya cara unik untuk meramaikan suasana lebaran. Remaja masjid setempat mengajak ratusan warga lintas usia memancing bersama di belakang Balai Desa Demen, Minggu (19/7/2015).

Advertisement

Panitia memodifikasi parit di belakang balai desa menjadi kolam ikan sederhana sepanjang 100 meter. Sebanyak 35 kilogram ikan lele dan tiga ekor ikan patin kemudian dilepas untuk dipancing bersama. “Warga bawa alat pancing dan umpan sendiri,” kata ketua panitia, Oktafi KH Rudi.

Ada lebih dari 100 orang yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka berusaha memperebutkan hadiah uang sebesar Rp50.000 untuk masing-masing ikan yang diistimewakan, yaitu tiga ikan patin dan ikan lele terbesar. “Khusus ikan lele paling kecil, hadiahnya Rp80.000,” papar Rudi.

Rudi menilai acara mancing bersama efektif mempererat tali silaturahmi antarwarga. Tidak hanya warga setempat, keluarga dan saudara yang datang dari luar pun bisa ikut mengakrabkan diri. “Ini baru sekali diadakan dan masyarakat sangat antusias,” ujarnya.

Salah satu peserta bernama Budi Kastowo mengaku punya hobi memancing sejak kecil. Belum sampai dua jam dia duduk di pinggir parit, dia sudah berhasil menangkap tiga ekor ikan lele dengan umpan cacingnya. “Memancing ini bisa jadi sarana silaturahmi,” kata pria asal Pasuruan, Jawa Timur itu.

Memancing bersama diselenggarakan sejak sekitar pukul 10.00 - 14.00 WIB. Sebelum penutupan, seluruh peserta ramai-ramai menceburkan diri ke parit untuk menangkap ikan yang tersisa. Acara tersebut rencananya akan kembali digelar tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Sebut Pengemudi Fortuner Ugal-ugalan Buang Pelat Nomor TNI di Lembang

News
| Kamis, 18 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement