HARGA IKAN LAUT : Libur Usai, Harga Ikan Laut di Pantai Depok Masih Tinggi

27 Juli 2015 16:20 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Harga ikan laut di Pantai Depok masih tinggi

Harianjogja.com, BANTUL- Meski libur Lebaran sudah usai, namun harga ikan laut yang ada pasar ikan Pantai Depok masih tinggi, Minggu (27/7/2015).

Dituturkan Riyadi, salah satu pedagang ikan laut di pasar tersebut, harga ikan laut jenis Cakalang saat ini mencapai kisaran Rp25.000 per kilogram. Dikatakannya, harga itu mengalami lonjakan jika dibandingkan dengan awal Lebaran lalu yang hanya mencapai harga kisaran Rp18.000 per kilogram.

Jenis lainnya, cumi-cumi yang harga sebelumnya berada di kisaran Rp45.000 per kilogram, kini mengalami peningkatan hingga Rp70.000 per kilogram. Begitu juga dengan udang yang sebelumnya Rp65.000 per kilogram, melonjak drastis hingga kisaran Rp90.000 per kilogram.

“Dan angka ini sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda akan turun,” tuturnya.

Dikatakannya, kenaikan drastis juga melanda jenis kerang hijau. Komoditas hasil laut yang permintaannya cukup tinggi itu mengalami lonjakan harga dari semula berkisar Rp15.000 per kilogram, menjadi Rp35.000 per kilogram.

“Yang paling parah adalah kepiting. Sekarang bahkan mencapai kisaran Rp200.000 per kilogram,” ucapnya.

Kini, ia hanya berharap masyarakat bisa memaklumi tingginya harga komoditas hasil laut tersebut. Sejauh ini ia menilai, animo masyarakat terhadap komoditas itu masih terbilang tinggi kendati harga telah mengalami lonjakan yang cukup drastis.

Sementara Dardi Nugroho, salah satu pemilik rumah makan seafood Salsabila II di Pantai Depok mengaku memiliki trik agar tidak terkesan menaikkan menu makanan. Biasanya calon pembeli ditawarkannya untuk membeli ikan laut sendiri dan rumah makan hanya mengolahkan saja ikan laut yang telah dibeli wisatawan.

"Kadang kita tidak tega menawarkan menu dengan harga yang sangat tinggi. Apalagi kalau sudah langganan kita. Solusinya kita hanya menawarkan jasa mengolah ikan dengan tarif perkilonya Rp 15.000," katanya.