Advertisement

WISATA KULONPROGO : Jangan Lewatkan Perahu Wisata Waduk Sermo

Rima Sekarani
Sabtu, 08 Agustus 2015 - 09:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
WISATA KULONPROGO : Jangan Lewatkan Perahu Wisata Waduk Sermo Dua pengunjung Waduk Sermo, Kulonprogo, foto bersama sebelum menaiki perahu wisata. (JIBI/Harian Jogja - Rima Sekarani I.N.)

Advertisement

Wisata Kulonprogo seperti waduk sermo juga tak kalah apik dengan objek wisata lain.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Meski banyak obyek wisata baru di Kulonprogo, Waduk Sermo tetap memiliki pesonanya sendiri. Pengunjung bisa bersantai di beberapa gazebo di tepi waduk, berkeliling dengan mengayuh sepeda, atau memancing gratis di titik tertentu. Banyak juga objek dan tempat menarik yang bakal memanjakan para penggemar foto selfie.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ada satu hal yang sebaiknya tidak dilewatkan. Jika ingin berkunjung ke Waduk Sermo dalam waktu dekat, Harian Jogja merekomendasikan kegiatan menjelajahi waduk dengan menaiki perahu wisata. Biayanya tentu terjangkau, cukup sediakan Rp10.000 per orang.

Sekitar tahun 1998 lalu, perahu wisata di Waduk Sermo hanya terbuat dari kayu dan belum bermesin. Ukurannya juga lebih kecil sehingga daya tampung maksimal penumpang hanya 10 orang. Mulai 2010, perahu dibuat jadi lebih moderen. “Sekarang bisa muat maksimal 20 orang,” kata salah satu nahkoda perahu wisata, Suwarno, saat Harian Jogja berkunjung ke Waduk Sermo, pekan lalu.

Namun, menaiki perahu wisata ada syarat khususnya. Jumlah penumpang dibatasi minimal lima orang. Jadi, jika hanya datang berdua atau bertiga, pengunjung pasti akan diminta menunggu hingga ada orang lain yang tertarik naik atau dipersilakan mencari awak tambahan.

Pria 33 tahun itu juga mengungkapkan, perahu wisata bisa berlayar hingga 15-20 kali putaran pada musim liburan. Tapi pada hari biasa, pengunjung tidak perlu dipusingkan dengan masalah antre. Langsung saja nikmati indahnya pemandangan sekitar Waduk Sermo dari tengah waduk selama 20-25 menit.

Salah satu petugas di pos penjagaan Waduk Sermo, Tri Wusono menambahkan, pada musim kemarau seperti saat ini, pengunjung bisa melihat sebuah daratan layaknya pulau kecil di tengah waduk. Sebab, ketinggian air waduk turun sebanyak empat hingga lima meter. ‘Pulau’ itu biasanya ada di bawah permukaan waduk selama musim hujan. “Dari dermaga kelihatan kecil tapi kalau didekati dengan naik perahu, bisa lebih jelas,” ungkapnya.

Obyek wisata yang beralamat di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo itu berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Jogja. Setelah mengunjungi Waduk Sermo, pengunjung bisa melanjutkan petualangan ke obyek wisata lain di sekitar sana, seperti Kali Biru dan Puncak Dipowono.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement