MASALAH LINGKUNGAN : Puluhan Ton Sampah Kotori Ring Road

01 Februari 2016 23:55 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Masalah lingkungan berupa membuang sampah sembarangan ditertibkan.

Harianjogja.com, BANTUL- Puluhan ton sampah mengotori kawasan jalan nasional Ring Road mulai dari Kecamatan Banguntapan hingga Kasihan Bantul.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bantul pada Senin (1/2/2016) mengerahkan satu unit alat berat dan tiga buah truk untuk membersihkan tempat penampungan sampah ilegal yang tersebar di sepanjang Ring Road mulai dari Ring Road Timur hingga Ring Road Selatan.

“Sementara hari ini beroperasi di sebelah barat perempatan Dongkelan, Sewon. Kalau masih ada waktu bisa dilanjutkan ke tempat lain. Kalau tidak dilanjutkan di hari lain. Dalam seminggu ini kami fokus membersihkan sampah di sepanjang Ring Road,” kata Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Kebersihan Persampahan Pertamanan dan Pemakaman (UPT KP3) Dinas Pekerjaan Umum Bantul Surono, Senin (1/2/2016).

Hasil sementara mengeruk sampah di dekat perempatan Dongkelan, petugas berhasil mengumpulkan tiga truk sampah atau setara 15 ton sampah rumah tangga. Di lokasi tersebut ditemukan enam titik tempat pembuangan sampah ilegal. Ia memastikan, total sampah bertebaran di pinggir Ring Road yang melintasi wilayah Bantul mencapai hingga puluhan ton.

“Satu lokasi saja dapat lima belas ton, kalau semua lokasi jelas ada puluhan ton,” tutur dia.