Advertisement

KAMPUS JOGJA : Kuota PMB UIN Suka 4.660 Kursi

Senin, 01 Februari 2016 - 20:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
KAMPUS JOGJA : Kuota PMB UIN Suka 4.660 Kursi Sejumlah jajaran rektorat saat Launching Program PMB di Convention Hall Kampus UIN Suka, Senin (1/2/2016) (Joko Nugroho/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Kampus Jogja UIN Suka memiliki lima jalur PMB.

Harianjogja.com, SLEMAN – Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Jogja membuka lima jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Tahun ajaran 2016/2017 ini UIN Suka menyiapkan kuota sebanyak 4.660 untuk mahasiswa baru (maba).

Advertisement

Wakil Rektor I UIN Suka, Profesor Sutrisno mengatakan kuota ini memang untuk program S-1, S-2 dan S-3. Sedangkan seleksi tidak ada perbedaan signifikan antara PMB 2016 dengan PMB 2015.

“Hanya saja tahun ini proses tes tulis baik SBMPTN, UM PTAIN dan Seleksi Mandiri diberlakukan Computer Based Test (CBT). Namun Paper Based Test (PBT) tidak akan kami hilangkan,” kata Sutrisno saat Launching Program PMB di Convention Hall Kampus UIN Suka, Senin (1/2/2016).

Sutrisnya menjelaskan untuk jalur prodi keagamaan terdapat dua jalur, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN).

“SPAN PTKIN dan UM PTKIN digelar dengan menginduk pada Kementerian Agama. Sedangkan untuk prodi-prodi umum, kami tetap mengikuti SNMPTN dan SBMPTN yang menginduk pada Kemenristekdikti (Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi). Lima jalur PMB ini kami lakukan sejak 2015 lalu,” ujar pria berkumis itu.

Sementara untuk PMB S-2 dan S-3 akan disatukan melalui jalur Seleksi Mandiri UIN Suka. PMB S-2 dan S-3 akan diberlakukan dua jalur, yakni penilaian portofolio dan ujian.

“Khusus jalur portofolio, mulai 1 Februari 2016 kami membuka pendaftaran sepanjang tahun. Jadi pendaftaran bisa dilakukan kapanpun, tapi untuk pelaksanaan perkuliahan tetap akan mengikuti kalender akademik," jelas Sutrisno.

Sutrisno menambahkan PMB di UIN Suka pada dasarnya ingin mendapatkan calon maba yang bisa menyelesaikan studi sesuai dengan bidang pilihannya dengan tepat waktu. UIN Suka juga ingin menciptakan sistem PMB yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik serta yuridis.

“Melalui PMB ini kami juga ingin melakukan perluasan akses pendidikan bagi manusia Indonesia tanpa membedakan jenis  kelamin, ras, suku, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi," kata Sutrisno.
Kuota PMB UIN Suka Jogja S-1
SNMPTN              SBMPTN              STAN PTKIN        UM PTKIN           Seleksi Mandiri                 Total
536                         405                         1.028                     618                         803                                         3.390

Kuota PMB UIN Suka Jogja Program S-2                 1.140
Kuota PMB UIN Suka Jogja Program S-3                 130

Sumber : UIN Suka Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement