ORMAS GAFATAR : Kesbangpol DIY Sudah Kantongi Identitas Pengurus dan Pengikut Gafatar

Para anggota Gafatar mendapat pengawalan dari aparat keamanan setibanya di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Selasa (27/1/2016) petang. (Imam Yuda.S/JBI - Semarangpos)
02 Februari 2016 20:54 WIB Jogja Share :

Ormas Gafatar di DIY sudah diketahui personel pengurus maupun anggotanya

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY  Kesbangpol DIY mengklaim sudah mengantongi identitas pengikut dan pengurus Gafatar di DIY. Identitas itu didapatkan saat melakukan karantina di Youth Center Mlati Sleman.

Kepala Badan Kesbangpol DIY Agung Supriyono mengatakan data itu terungkap setelah mereka mendata seluruh warga DIY eks Gafatar. Namun Agung masih merahasiakan nama dan jumlah pengurus serta pengikut yang berhasil mereka dapat.

"Tunggu dulu sampai saya laporkan ke pak Sekda [Sekretaris Daerah] datanya," ujar dia.

Lebih lanjut, Agung mengatakan proses pembinaan akan terus berlanjut meskipun saat ini sudah dipindahkan ke kabupaten/kota. Justru di level kabupaten/kota materi yang diberikan akan lebih detail.

Mereka juga akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk menentukan materi antara pengurus dan pengikut Gafatar.

"Apakah nanti dibedakan perlakuannya itu nanti TNI atau Polri yang lebih paham," kata dia.

Terkait kurangnya antusias eks Gafatar dalam mengikuti materi deradikalisasi, Agung mengaku pihaknya memahami kondisi psikologi warga eks Gafatar yang masih labil. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir mereka berpindah tempat beberapa kali dalam pengawalan ketat.

"Kampungnya di Kalimantan dibakar lalu dipindah, itu bisa membuat kondisi psikis tidak stabil dan jadi tak intens mengikuti materi," ujar dia.