RUSUN JOGJA : 75% Polisi DIY Belum Punya Rumah

Anggota polisi melintas di depan rusun Brimob Polda DIY yang baru selesai dibangun? sebanyak 34 unit bantuan dari Kemenpera (Ujang Hasanudin/JIBI - Harian Jogja)
03 Februari 2016 23:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Rusun Jogja dibangun oleh Kemenpera.

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 75% dari total 10.678 personel Polda DIY belum terfasilitasi rumah. Mereka selama ini masih tinggal bersama orangtua, mengontrak, atau tinggal bersama familinya.

"Ya baru sekitar 25% yang sudah terpasilitasi rumah, sisanya belum," kata Kepala Biro Sarana dan Prasarana (Karo Sarpras) Polda DIY, Komisaris Besar A.Riyanto disela-sela peresmian rumah susun (Rusun) untuk anggota Brimob Polda DIY, Rabu (3/2/2016).

Rusun khusus anggota Polri itu merupakan bantuan dari Kementrian, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpera) Rusun yang dibangun di lingkungan Satbrimob Polda DIY di Baciro, Jogja itu sebanyak 35 unit dengan tipe 45. Rusun itu dibangun diatas lahan 2.188 meter persegi.

Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti mengatakan sebenarnya Polda DIY sudah memiliki delapan rumah susun yang tersebar di wilayah DIY, di antaranya di Gondowulung, Balapan, Paingan, Sleman, Sentolo, dan di Condongcatur. Namun jumlah itu belum mencukupi kebutuhan bagi anggota Polda DIY.

Bahkan, kata Anny, anggota Polda DIY masih ada rumahnya di luar DIY. Dia mengapresiasi bantuan rusun yang diberikan pada Polda DIY. Rusun baru yang dibangun di Brimob ditempati oleh semua anggota Brimob.
"Kita perioritaskan untuk anggota yang memiliki tugas berat, yang memiliki mobilitas tinggi," katanya.

Sementara itu jumlah personel polri se-Indonesia yang sudah ditampung di rumah dinas baru 19,6% dari jumlah total 429.459 personel. Asisten Kapolri Bidang SDM, Inspektur Jenderal Sabar Rahardjo mengaku pihaknya terus berupaya bekerjasama dengan pemerintah sejumlah pihak untuk pengadaan rumah bagi anggota polri.

Menurut dia, selama lima tahun sampai 2014 lalu pihaknya telah menerima bantuan rusun sebanyak 78 blok dan rumah khusus Polri 401 unit yang tersebar di sejumlah Polda. "Cepat atau lambat tiap tahun kita terus mengajukan penambahan rumah," katanya.