KAMPUS JOGJA : 5 Mahasiswa UGM Ikuti Asean University Youth Summit 2016

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) terpilih mengikuti ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016. (JIBI/Harian Jogja - dok. UGM)
04 Februari 2016 03:20 WIB Mediani Dyah Natalia Sleman Share :

Kampus Jogja UGM berpartisipasi dalam acara bertaraf internasional.

Harianjogja.com, SLEMAN-Setidaknya lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) terpilih mengikuti ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016.

ASEAN University Youth Summit merupakan sebuah pertemuan yang menjadi jejaring mahasiswa di kawasan ASEAN saling bertukar ide atau rencana untuk aksi kolektif, serta untuk membangun pemahaman yang sama akan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Awalnya, pertemuan ini lahir sebagai inisiatif dari Direktorat Kesiswaan dan Alumni Universitas Utara Malaysia (UUM) yang bekerja sama dengan asosiasi universitas ASEAN, Passage to ASEAN (P2A).

Kelima mahasiswa yang mewakili UGM ini adalah  Irvandias Sanjaya dan Rista Shafwati Nadhila dari Fakultas Psikologi, Fauzia Auliana dari Fakultas Hukum, serta Tamara Indah Puspita dan Dyah Novitasari dari Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik. Kegiatan yang digelar pada 24-28 Januari 2016 di Universitas Teknologi Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini mengangkat tema ‘Social Entrepreneurship as a main character of future ASEAN generation.’

AUYS pada tahun ini diselenggarakan untuk kali kedua setelah pada penyelenggaraan pertama di UUM pada tahun 2015 yang lalu mengangkat tema ‘Forging 1-ASEAN Youth Network Through Volunteerism.’ Tahun ini, sebanyak 200 delegasi dari berbagai universitas di delapan negara di kawasan ASEAN menghadiri pertemuan untuk bersama-sama terlibat sebagai agen perubahan bagi integrasi negara-negara di kawasan ASEAN.

“Melalui forum AUYS, perwakilan masing-masing negara dan kampus dapat menyampaikan ide dan inovasi terkait permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat ASEAN dalam MEA, serta bertukar pengetahuan dan pengalaman,” jelas Irvandias, Selasa (2/2/2016) seperti dilansir dari rilis yang Harianjogja.com, terima.