BANDARA KULONPROGO : Rp64 Miliar Untuk Infrastruktur Pendukung Bandara

04 Februari 2016 20:55 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Bandara Kulonprogo untuk infrastruktur tambahan dipersiapkan.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kabupaten Kulonprogo dianggarkan Rp64 miliar untuk membangun infrastruktur pendukung bandara. Dana yang bersumber dari pemerintah pusat ini akan digunakan membiayai pembangunan jalan Bedah Menoreh penghubung Kulonprogo dengan kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Dana ini merupakan realisasi dari usulan anggaran pemerintah daerah kepada pemerintah pusat. Dari maksimal anggaran hingga Rp100 miliar yang diajukan, usulan anggaran dari Kulonprogo telah disetujui sejumlah Rp64 miliar dan akan segera dicairkan pada tahun ini.

Menilik dari kebutuhan daerah, Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menyatakan sebagian besar anggaran tersebut akan digunakan untuk proyek pembangunan jalan Bedah Menoreh sebagai infrastruktur pendukung bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Ruas jalan ini rencananya akan menghubungkan kawasan Kulonprogo dengan daerah Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Ia juga menguraikan pembangunan jalan ini merupakan amanat dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada kunjungannya yang lalu. Lebih lanjut, Hasto menuturkan bahwa hal tersebut menjadi penting karena tak banyak yang memberi perhatian mengenai jalan penghubung antar dua provinsi ini.

“Belum ada yang memikirkan soal jalan penghubung bandara ke Borobudur,” ujarnya pada Kamis(4/2/2016).