3 Penderita TBC di Kulonprogo Sudah Kebal Obat

07 Februari 2016 01:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

3 penderita TBC di Kulonprogo sudah kebal terhadap obat

Harianjogja.com, KULONPROGO- Penderita Multi Drug Resistant Tubercolosis (MDR-TB) di Kulonprogo terdeteksi mencapai 3 orang. Penyakit ini disebabkan karena kuman penyakit Tubercolosis (TBC) yang sudah kebal terhadap obat.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengingatkan warga Kelurahan Durungan, Kecamatan Wates Kulonprogo untuk menjaga lingkungannya tetap sehat dan ramah sinar matahari. Pasalnya, lingkungan yang sehat dianggap ampuh untuk mencegah penyebaran penyakit TBC.

Lebih lanjut, Hasto juga mengingatkan warga untuk menghindarai MDR-TB  yang lebih sulit diobati. Penyakit ini menjadi lebih berbahaya karena virus penyakit yang sudah kebal terhadap obat sehingga diperlukan pengobatan yang lebih kompleks untuk mengobatinya.

Menurutnya, pencegahan penyakit ini harus diawali dengan pencegahan penyakit TBC yakni dengan memiliki pola hidup sehat, lingkungan yang terbuka dan tidak lembab. “Jika lingkungan ada tanaman, oksigen baik, TBC juga tidak berkembang dengan baik” kata Hasto, baru-baru ini.