WISATA KULONPROGO : Tahun Ini Sendratari Sugriwa Subali Hanya Digelar Tiga Kali

Pentas kolosal Sugriwo Subali ditampilkan di tengah parade karnaval Kecamatan Wates oleh ratusan warga dari Dusun Bendungan Kidul, Minggu (9/8/2015). (JIBI/Harian Jogja - Holy Kartika N.S.)
09 Februari 2016 21:21 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Wisata Kulonprogo yang tahun lalu dimeriahkan dengan pergelaran sendratari kolosal Sugriwa Subali selama, tahun ini hanya akan digelar tiga kali

Harianjogja.com, KULONPROGO- Akibat keterbatasan dana, sendratari kolosal Sugriwa Subali hanya akan dilaksanakan selama tiga kali pada tahun 2016 ini.

Jumlah ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan pentas serupa pada tahun 2015 yang mencapai sembilan kali pertunjukkan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan (Disbud) Kulonprogo, Joko Mursito menyatakan bahwa pentas Sugriwa Subali hanya akan dilaksanakan selama 3 kali pada tahun 2016 ini.

Pasalnya, ia menyatakan bahwa anggran pembiayaan tahun ini lebih terbatas dan dipusatkan untuk pembangunan infrastruktur JJLS. “Plafon Danais [Dana Keistimewaan] turun hingga 50%,” ujarnya pada Harian Jogja, Senin (8/2/2016).

Karena itu, maka diputuskan pada tahun ini pertunjukkan tarian kolosal ini harus diturunkan frekuensi pementasannya. Meski demikian, Joko menyatakan bahwa tidak akan ada penurunan kualitas ataupun jumlah penari yang terlibat dalam pertunjukkan tersebut.

Berkaca dari pelaksanaan di tahun yang lalu, ia menjanjikan bahwa pentas tahun ini akan lebih ditingkatkan kualitasnya.

Pada tahun 2015, Sendratari Kolosal Sugriwa Subali ini menyedot dana hinga Rp700 juta untuk total sembilan kali pementasan. Joko memperkirakan bahwa untuk pelaksanaan tahun 2016 ini hanya dibutuhkan dana sekitar Rp150 juta untuk tiga kali pementasan.

Untuk jadwal pemetasan sendiri, belum dipastikan kapan waktu sendratari kolosal tersebut akan dilakukan. Namun, Joko memastikan bahwa pementasan pertama akan dilakukan sekitar Bulan Maret ataupun April 2016.

Sedangkan untuk jadwal dua pementasan lainnya, Disbud Kulonprogo masih akan memilih waktu-waktu yang tepat untuk melaksanakan acara yag digelar di kawasan Gua Kiskendo, Jatimulyo, Kulonprogo ini.

Namun, dipertimbangkan untuk melaksanakan pementasan ini di masa-masa ketika pengunjung objek wisata ini diperkirakan meningkat. Pasalnya, selain untuk membengkan kesenian di Kulonprogo, sendratari ini juga dijadikan ajang untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke kawasan Goa Kiskendo tersebut.