Bulog Bakal Kelola 11 Komoditas, Ini Persiapannya

10 Februari 2016 20:55 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Bulog DIY siap mengelola 11 komoditas

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Perum Badan Urusan Logistis (Bulog)  Divre DIY M Sugit Tedjo Mulyono mengungkapkan, Bulog rencananya akan dipercaya untuk memegang 11 komoditas.

Adapun komoditas tersebut adalah beras, kedelai, jagung, gula, daging sapi, ayam, telur, minyak goreng, tepung terigu, bawang merah, dan cabai.

"Kami tunggu dulu kepastiannya. Untuk persiapan, kami sudah siap. Kami sudah main ke Gunungkidul, di sana ada kedelai, jagung, dan lain-lain," ujar dia, Rabu (10/2/2016)

Untuk menyimpan komoditas, Bulog mengaku sudah siap. Bulog bisa membangun unit gudang baru atau dengan menyewa gudang untuk menjadi tempat penyimpanan yang standar. Selain itu, Bulog memaksimalkan gudang yang sudah dimiliki. Penyerapan tersebut juga tidak dilakukan secara bersamaan, tetapi dilakukan denga  bertahap.

Ia mengungkapkan, dengan menangani komoditas tersebut, Bulog bisa ikut menjaga kestabilan harga. Selama ini, upaya yang dilakukan Bulog dalam hal penstabilan harga melalui operasi pasar. Namun, pengadaan operasi pasar harus berdasarkan permintaan dari dinas terkait. Hal itu membuat Bulog terbiasa melakukan hal yang sifatnya mendadak.

"Kami siap mendukung dan menjalankan kebijakan pemerintah," ungkap dia.