PRA PON 2016 : DIY VS Persiba Balikpapan, Seto Siapkan Tim Pincang

JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoPelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiyantara, Yogyakarta, Kamis (19/03 - 2015).
17 Februari 2016 03:20 WIB Arief Junianto Jogja Share :

Pra Pon 2016 DIY mengalami perubahan formasi.

Harianjogja.com, JOGJA-Setidaknya dua pemain yang dikabarkan diminati Persiba Balikpapan. Akibatnya, ketimpangan terjadi di tubuh Tim Sepakbola DIY untuk ajang Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX. Kedua pemain itu masing-masing adalah Hendika Arga dan Saddam Sudarma.

Tak pelak, hilangnya kedua pemain itu akan mempengaruhi karakter permainan tim asuhan Seto Nurdiyantoro itu. Betapapun kedua pemain itu masing-masing merupakan sentral permainan bagi timnya.

Tak hanya itu, ia juga dikabarkan kehilangan gelandang Dimas Priambodo. Pemain yang akrab disapa Ucok itu saat ini tengah menjalani opname di rumah sakit. Selain itu, Seto juga dipusingkan dengan kemungkinan tak bisa dimainkannya Chandra Luckmana yang namanya masuk dalam daftar pemain PSS Sleman di ajang BIC 2016.

Oleh karena itulah, dalam menghadapi Persiba Balikpapan yang rencananya akan digelar di Stadion Mandala Krida, Selasa (16/2/2016) sore itu, dirinya tak mematok target khusus. Selain tak lengkapnya skuat, ia menilai uji coba tersebut tak jauh beda dengan laga uji coba yang ia lakoni sebelumnya.

"Target khusus tidak ada, yang penting anak-anak bermain sebaik mungkin saja," ungkap pelatih Pra-PON DIY Seto Nurdiyantoro, Senin (15/2/2016).

Oleh karena itulah, Seto mengaku tetap akan berupaya menampilkan permainan terbaik skuatnya saat menghadapi Persiba Balikpapan. Adapun untuk menggantikan peran para pemain pilarnya itu, dirinya sudah menyiapkan sejumlah pemain pengganti. "Saya sudah siapkan Gilang Pratama dan M. Juni," katanya.

Persiba Balikpapan Lakukan Evaluasi

Sementara dari kubu Persiba Balikpapan, Pelatih Eduard Tjong mengaku telah melakukan evaluasi paska-kekalahan timnya atas PSS Sleman, Minggu (14/2/2016) sore lalu. Diakuinya, lini belakang adalah titik lemah timnya saat dijamu PSS Sleman lalu. Oleh karena itulah, dalam menghadapi Tim Sepakbola DIY, pihaknya akan berupaya untuk memperbaiki titik lemahnya itu.

Hanya saja, rencana perbaikan lini belakang itu justru mendapat kendala dengan ancaman badai cedera. Setidaknya ada 3 pemain yang harus masuk ruang medis pasca bertanding lawan PSS SLeman. Ketiga pemain itu masing-masing adalah Lucky Wahyu, Dirkir Kohn, dan Ledi Utomo.

"Yang paling parah Lucky Wahyu. Kena engkelnya dia," kata pelatih yang akrab disapa Edu itu.

Setidaknya, dari beberapa laga uji coba keluar Kalimantan kali ini, dirinya bisa memantau perkembangan calon-calon pemain anyar skuat Beruang Madu. Setidaknya ada tiga pemain yang dipantaunya, yakni Faisal Sambar Bori, Yusuh Hamzah, dan Elgi Pratama.

Menurut Edu, dari ketiga nama itu, baru Faisal saja lah yang dinilainya bisa laik masuk skuat Persiba. Sedangkan Yusuf dan Elgi, Edu mengaku masih akan memantaunya di laga-laga berikutnya.