Advertisement

HARI RAYA IMLEK : UAJY Gelar Parade Barongsai

Kusnul Isti Qomah
Kamis, 18 Februari 2016 - 15:55 WIB
Nina Atmasari
HARI RAYA IMLEK : UAJY Gelar Parade Barongsai

Advertisement

Hari Raya Imlek di UAJY dimeriahkan dengan parade Barongsai

Harianjogja.com, SLEMAN--Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) turut meramaikan Tahun Baru Imlek dengan menghidupkan kembali kegiatan pelestarian budaya. Tahun ini, UAJY akan menggelar Parade Barongsai (PB) UAJY 2016.

Advertisement

Kepala Humas, Sekretariat dan Protokol UAJY Amelberga Vita NP Astuti mengatakan, pada 2007 dan 2008 UAJY sudah pernah menggelar kegiatan serupa. Namun, setelah itu, ada kevakuman.

"Kami ingin festival ini dihidupkan dan diperkuat lagi. Ada keprihatinan karena semakin sedikit generasi muda khususnya keturunan Tionghoa yang kurang memahami budayanya sendiri," ujar dia, Rabu (17/2/2016).

Vita mengungkapkan, rangkaian kegiatan yang dimulai Jumat (19/2/2016) ini merupakan wujud kepedulian UAJY terhadap pelestarian budaya yang ada.

UAJY juga berupaya melibatkan generasi muda yang dalam hal ini mahasiswa dengan mengajak mereka menjadi panitia pelaksana. Selain itu, banyak mahasiswa yang turut serta dalam lomba menghias lampion.

"Acara pada 19 Februari yang dilakukan adalah lomba menghias lampion. Ada sekitar 50 tim yang mayoritas adalah mahasiswa," ujar dia.

Sebanyak 50 tim terdiri dari dua hingga tiga orang per tim. Lampion yang dilombakan berupa lampion polos yang nantinya akan dihias peserta di lokasi lomba yakni di Lobi Kampus 2 Thomas Aquinas. Hasil lomba lampion akan dipajang dan diumumkan pemenangnya saat Parade Barongsai (PB) UAJY 2016.

Perempuan yang akrab disapa Vita ini mengungkapkan, UAJY menggelar kegiatan dengan tema Monkey on Fire. Adapun acara puncak PB UAJY akan digelar pada 5 Maret 2016.

Parade ini akan melibatkan tiga hingga empat barongsai, satu liong, kelompok wushu Gelora Mataram, kelompok wushu Pro Patria UAJY, serta kesenian Mandarin lainnya. PB UAJY berlokasi di area parkir Kampus 2 Thomas Aquinas pukul 15.00-19.00 WIB.

"Jumlah barongsai yang akan tampil bisa saja bertambah karena waktu penyelenggaraan masih dua minggu lagi," ungkap dia.

Pengunjung tidak dipungut biaya untuk menyaksikan pertunjukkan ini. Lokasi area parkir dimaksudkan agar acara tersebut dapat dinikmati oleh semua orang di lingkup kampus UAJY dan sekitarnya.

Selain pertunjukkan barongsai, panitia juga menyediakan fasilitas photobooth dan stand food-beverages yang bisa digunakan pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement