Kodim 0731/Kuloprogo Sambut Komandan Baru

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo memberikan selamat kepada Komandan Kodim 0731/Kulonprogo yang baru dalam acara lepas sambut di Gedung Kaca, Wates, pada Selasa malam (17/2/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)
19 Februari 2016 00:20 WIB Rima Sekarani Kulonprogo Share :

Kodim Kulonprogo memiliki pejabat baru.

Harianjogja.com, KULONPROGO- Letnan Kolonel(Letkol) Armed Gunawan secara resmi gantikan Letkol Czi Cornelles Rompas sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0731/Kulonprogo. Rompas sendiri sebelumnya dianggap sukses mendukung kegiatan cetak sawah baru yang dilakukan di Kulonprogo.

Cornelles Rompas sendiri dipindahtugaskan ke Mabes TNI di Jakarta setelah sebelumnya memimpin di Kulonprogo selama setahun. Ia mengaku tidak menyangka secepat ini dpindahkan dari Kulonprogo.

“Tidak menyangka akan pindah secepat ini,” ujarnya dalam acara lepas sambut di Gedung Kaca, Wates pada Selasa(17/2/2016).

Selama bertugas ia menangkap budaya kekeluargaan di Kulonprogo masih terjaga. Selain budaya, ia mengatakan perda pendalaman agama di Kulonprogo efektif untuk mencegah pengaruh asing yang datang. Meski demikian, ia menjelaskan bahwa masyarakat di Kulonprogo sendiri tidak anti dengan pengaruh asing.

Bupati Kulonprogo, Hato Wardoyo menyatakan kehadiran Rompas banyak membantu dalam kegiatan cetak sawah baru. Hasto menyoroti tindakan Rompas yang telah menelusuri saluran irigasi Kalibawang guna mengecek dan memastikan saluran irigasi agar cukup untuk mengairi sawah.

Melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Rompas telah memimpin TNI memberikan bantuan dalam pembangunan mushola dan gardu poskamling. Karena keberhasilan TMMD, tahun 2017 Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kulonprogo merencanakan paket TMMD 2 paket dan menambah Karya Bakti 1 paket.

Sementara itu, Dandim 0731/Kulonprogo yang baru, Letkol Armed Gunawan yang sebelumnya bertugas di Makassar menyatakan akan siap melanjutkan kinerja positif yang telah dibangun sebelumnya. “Mohon bantuan dan bimbingannya,” ujarnya.