Advertisement

SEKOLAH JOGJA : WSC, Cara Asyik Belajar IPA

Uli Febriarni
Senin, 22 Februari 2016 - 05:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
SEKOLAH JOGJA : WSC, Cara Asyik Belajar IPA

Advertisement

Sekolah Jogja, SMA N 7 Jogja mengajak remaja eksplorasi alam.

Harianjogja.com, JOGJA-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 7 Jogja mengajak remaja usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengeksplorasi pengetahuan alam secara lebih menyenangkan melalui Wibhakta Science Competition (WSC), pada Minggu (21/2/2016).

Advertisement

Ketua Panitia WSC 2016, Calvina Izumi Bunga Pratiwi menjelaskan kegiatan WSC merupakan ajak kompetisi olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Bahasa Inggris, dengan peserta berasal dari SMP se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Meski demikian, WSC juga diikuti sejumlah rangkaian agenda seperti pameran ekstrakurikuler dan klub milik SMA N 7 Jogja.

Kompetisi WSC yang diikuti oleh 480 peserta dan mengambil tema By Exploring Science, We Can Change The World, bertujuan memberikan pemahaman kepada remaja, bahwa dengan mengeksplorasi pengetahuan alam, remaja dapat memberikan kontribusi membantu peran dunia untuk mengubah keadaan lebih baik.

"Pengetahuan, khususnya pengetahuan alam itu menyenangkan, tidak melulu hitung-hitungan dan penelitian yang kaku. Ada banyak cara supaya remaja bisa benar-benar membiasakan diri untuk menjadi agen perubahan untuk negara, minimal untuk sekitar," " ujarnya kepada Harianjogja.com.

Panitia berharap WSC bukan sekadar ajang kompetisi antar siswa SMP, tetapi juga menambah kesadaran siswa mengembangkan pengetahuan alam. Hadiah yang akan diterima oleh juara pertama, kedua, ketiga dan juara harapan mulai dari trophy Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Walikota, universitas, uang pembinaan, sertifikat dan uang pembinaan.

Sementara itu, Kepala SMA N 7 Jogja, Budi Basuki menjelaskan program WSC 2016 merupakan kegiatan yang mendukung program pemerintah mengenai Generasi Emas 2025 dan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan. WSC murni menjadi salah satu kegiatan yang sejak awal dikonsep dan dijalankan oleh siswa, sekolah hanya menjadi fasilitator dan pelindung kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Duka: Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:14 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement