HONOR TIM SAR : Anggota SAR Belum Terima Honor Sejak Awal Tahun

Tim SAR Wilayah II Baron mengadakan evaluasi hari ketujuh karamnya kapal KM Akau Jaya Sembilan Rabu (16/10/2013). (JIBI/Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
26 Februari 2016 22:55 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Honor tim SAR Gunungkidul tersendat

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Anggota Search and Rescue (SAR) Satlinmas di Gunungkidul belum menerima honor selama dua bulan. Kemungkinan besar, terlambatnya gajian itu dikarenakan belum adanya Surat Keputusan (SK) sebagai dasar pengangkatan anggota.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengakui, jika anggotanya belum menerima honor bulanan sejak awal tahun ini. Ia pun berharap ada kepastian mengenai kejelasan pembayaran itu karena uang tersebut sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Jumlahnya tidak besar, karena hanya Rp800.000. Rincianya Rp500.000 dari Satpol DIY, dan sisanya Rp300.000 berasal dari Satpol PP kabupaten,” kata Suris, Kamis (25/2/2016).

Dia menjelaskan, sumber honor itu cair tidak secara bersamaan. Sebab untuk yang berasal dari Pemerintah DIY, dicairkan setiap tiga bulan sekali, sehingga wajar jika sekarang dananya belum cair. Sementara itu, honor yang berasal dari kabupaten belum, Suris mengaku belum tahu kepastiannya, apakah honor itu akan diberikan per tiga bulan atau dilakukan setiap bulan.

“Kalau ada kepastian, kan lebih enak. Kalau memang akan diberikan seperti honor dari DIY, tidak masalah, karena yang penting ada kejelasan,” ungkapnya.

Hal yang tak jauh beda diungkapkan Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul Sunu Handoko. Menurut dia, hingga saat kemarin, anggotanya belum menerima honor bulanan, baik itu dari pemkab atau Pemerintah DIY. “Belum mas, mungkin sebentar lagi. mudah-mudahan akhir bulan ini sudah bisa cair,” kata Sunu.

Dia pun hanya bisa berharap, ada kejelasan mengenai pemberian honor tersebut, sehingga pihaknya bisa mengetahui pasti apa penyebab uang itu belum diberikan.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gunungkidul Agus Hartadi menampik adanya penahanan honor untuk anggota SAR. Menurut dia, honor belum diberikan karena SK pengangkatan dari Pemerintah DIY belum diterbitkan.

“Siapa yang bilang belum diberikan? Saya tanya SK-nya sudah terbit belum, kalau sudah pasti mereka akan ke sini untuk mengurus honor tersebut,” kata Agus