BANDARA KULONPROGO : Soal Relokasi Gratis, Hasto Usulkan Bedah Rumah

Sejumlah warga terdampak pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) bertahan di depan kantor Bupati Kulonprogo, Selasa (23/2//2016).(Rima Sekarani I.N./JIBI - Harian Jogja)
27 Februari 2016 15:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Bandara Kulonprogo untuk relokasi gratis masih menjadi perdebatan.

Harianjogja.com, KULONPROGO- Permohonan relokasi gratis untuk warga terdampak bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) mendapat perhatian Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo.

Hasto menjelaskan selain pengajuan kajian hukum atas relokasi gratis ke Kejaksaan Tinggi, ia juga telah berkoordinasi dengan camat dan kepala desa terkait untuk melakukan pendataan warga miskin terdampak pembangunan bandara. Hal ini terkait permintaan relokasi gratis, khususnya dengan alasan bahwa ada sejumlah penduduk yang tidak memiliki rumah dan tanah sendiri.

Ia menjelaskan pemerintah mungkin dapat membantu dengan dilakukan program bedah rumah dan jenis bantuan sosial lainnya untuk warga miskin yang yang berada dalam kawasan yang terdampak pembangunan bandara ini.

“Nanti akan kami mintakan solusi ke Kementriaan Sosial tentang bantuan apa saja yang bisa diakses,”ujarnya, Jumat (26/2/2016).