Advertisement

UNBK 2016 : 25 Sekolah Siap, Tak Ada Siswa Berkebutuhan Khusus

Rima Sekarani
Senin, 28 Maret 2016 - 19:20 WIB
Nina Atmasari
UNBK 2016 : 25 Sekolah Siap, Tak Ada Siswa Berkebutuhan Khusus JIBI/SOLOPOS/Agoes RudiantoSISWA INKLUSI-Pelajar berkebutuhan khusus (inklusi) yang menderita gangguan pada penglihatan, Novi Titi Purwani, mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) di SMK Negeri 8, Solo, Senin (16 - 4). Naskah soal Ujian Nasional bagi peserta inklusi dibacakan pembimbing karena tidak ada yang dicetak menggunakan huruf Braille.

Advertisement

UNBK 2016 di Kulonprogo akan digelar di 25 sekolah

Harianjogja.com, KULONPROGO - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 di Kulonprogo diikuti 25 sekolah dengan total peserta mencapai 3.799 orang.

Advertisement

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana menyatakan tidak ada satupun peserta UNBK berstatus anak berkebutuhan khusus (ABK).

Sumarsana memaparkan, UNBK tahun ini akan diselenggarakan oleh dua SMP, enam SMA/MA dan 17 SMK. Kondisi tersebut jauh lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya dilaksanakan satu SMK dengan peserta sebanyak 308 orang.

“UN tahun ini ada empat ABK tapi kebetulan UNBK tidak ada yang ABK,” kata Sumarsana, dikonfirmasi pada Sabtu (26/3/2016).

Sumarsana lalu mengatakan, ada 49 ABK yang tercatat sebagai peserta Ujian Sekolah SD/MI. Namun, ujian tersebut masih diselenggarakan dengan sistem reguler berupa paper based test, bukan computer based test ala UNBK.

Jika tahun depan ada ABK yang menjadi peserta UNBK, tentu pihak sekolah tetap wajib menyediakan guru pendamping khusus, ruang ujian terpisah, dan sejumlah fasilitas penunjang lain.

Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 3 Sentolo, Aprilia Dwi Isnaini mengungkapkan, ada tiga ABK yang terdaftar sebagai peserta UN 2016 di sekolah itu. Dua orang diketahui dalam kondisi tuna daksa, sedangkan satu lainnya low vision.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wabah Pneumonia di China, Kemenkes Imbau Masyarakat Tak Panik

News
| Kamis, 30 November 2023, 16:27 WIB

Advertisement

alt

BOB Golf Tournament 2023 Jadi Wisata Olahraga Terbaru di DIY

Wisata
| Minggu, 26 November 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement