INSPIRASI USAHA : Kisah 2 Sahabat Buka Bisnis "Party Planner" Tanpa Modal

Salah satu contoh desain tempat pesta karya Endah Kurniawati dan Manggar Wulan Kusuma. (Foto istimewa)
22 Mei 2016 21:55 WIB Jogja Share :

Inspirasi usaha datang dari dua sahabat asal Magelang

Harianjogja.com, JOGJA- Berbisnis tidak selamanya membutuhkan banyak modal hingga jutaan rupiah. Dengan modal Rp0 pun, bisnis kecil-kecilan beromzet jutaan rupiah juga bisa diwujudkan. Hal itu yang mencoba dilakukan oleh dua sahabat asal Magelang, Endah Kurniawati, 25, dan Manggar Wulan Kusuma, 24.

Berawal dari iseng membuat pernik-pernik untuk perayaan kelulusan seperti slempang, buket bunga dan lain sebagainya, Endah dan Manggar mencoba melirik usaha lain sebagai perencana acara atau party planner. Usaha ini dirintis pada pertengahan tahun 2015 lalu.

Ketika itu, bisnis semacam ini masih belum terlalu ramai pesaing. Namun, pasar dari bisnis ini masih begitu luas, karena banyak orang yang membutuhkan paling tidak penata acara meski hanya perayaan kecil.

"Kebetulan saat itu, saya dan Endah memang sedang tidak bekerja. Kami punya hobi yang sama dalam membuat pernik-pernik lucu dan hobi mendekor. Lalu kepikiran untuk sekedar mengisi waktu dengan membuka usaha ini," ujar Manggar saat ditemui di salah satu cafe di Jogja, Selasa (3/5/2016).

Manggar mengungkapkan, usaha tersebut dimulainya tanpa modal sepeser pun. Hanya memanfaatkan promosi gratis lewat Instagram, usaha party planner yang dirintis dengan nama Periwinkle Decoration ini perlahan mulai dikenal.

Awalnya, memang hanya satu sampai dua pelanggan saja yang memesan jasa dekor kedua sahabat ini. Kini, dalam sebulan paling banyak lima event dikerjakan Endah dan Manggar di sela waktu.

Usaha ini meliputi perencanaan dekorasi, penataan meja, hingga mendekor tempat yang akan digunakan untuk pesta. Jenis acara yang sudah sering dikerjakan Endah dan Manggar, mulai dari pesta ulang tahun, acara valentine hingga acara-acara spesial sesuai dengan pesanan pelanggan.

"Kami akan menawari konsep yang diinginkan klien. Maunya seperti apa nanti kami yang akan mendesain konsepnya," papar Manggar.