Festival Drumband Menjadi Upaya Pendidikan Karakter untuk Anak

Kanjeng Pangeran Haryo Indro Kusumo saat melepas kelompok drum band dalam pergelaran Festival Drum Band dan Pakualam Cup 2016, di halaman Pura Pakualaman, Sabtu (21/5/2016). (Uli Febriarni/JIBI - Harian Jogja)
23 Mei 2016 10:12 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Festival drumband menjadi upaya pendidikan karakter untuk anak

Harianjogja.com, JOGJA-Festival Budaya dan Kejuaraan Drumband se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diharapkan bisa menjadi wadah pendidikan karakter bagi peserta.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kanjeng Pangeran Haryo Indra Kusumo, yang mewakili Paku Alam X saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan, Sabtu (21/5/2016).

Lelaki yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY itu menjelaskan, sejumlah komponen pendidikan karakter yang didapatkan oleh peserta antara lain kejujuran, cinta tanah air, bertanggungjawab.

"Kegiatan ini juga menumbuhkan sikap menghargai hak orang lain, mampu bekerja keras, menolong dan nilai positif lainnya," kata dia dalam kegiatan yang diprakarsai Persatuan Drum Band Indonesia DIY, dan Dinas Pariwisata DIY ini.

Sementara itu, Ketua Umum KONI DIY Gusti Bendara Pangeran Haryo Prabu Kusumo yang hadir dalam kesempatan yang sama berharap, kegiatan yang memiliki banyak poin positif ini menjadi langkah baik bagi DIY untuk menumbuhkan mental sehat dan kesejahteraan bagi masyarakat Jogja.

Dalam rangkaian sambutan kegiatan yang dihelat pada 21-22 Mei 2016 ini, Ketua PDBI Ferry Astono menyampaikan, ada sekitar 500 lebih kelompok drum band di DIY, baik di sekolah maupun umum.

PDBI memberikan banyak kesempatan dan pembinaan bagi kelompok ini agar mereka tetap mampu melatih keterampilan dan kreativitas dalam penampilan. Selain itu, banyaknya festival di masing-masing Kabupaten/Kota serta kompetisi drum band menjadi wadah yang mendorong kelomppk drum band DIY meningkatkan penampilan dan kemampuan mereka dalam menciptakan prestasi.

Dalam kegiatan tersebut, dihadirkan pula bregada Pakualaman serta barisan drum band yang akan maju berkompetisi dalam Pekan Olahraga Nasional di Palembang.

Pada 22 Mei 2016, kegiatan yang dihelat adalah Prabukusuma Cup dengan dua klasemen, konser dan display. Diikuti oleh kelompok drumband Taman Kanak, se Jawa. Kompetisi ini memperebutkan juara satu hingga tiga, dilaksanakan atas kerjasama Dinas Pariwisata DIY, KONI DIY, Balai Pemuda Olahraga.