AGENDA SENI SLEMAN : 17 Group Kesenian Jatilan Putri Pentas 24 Jam

Salah satu kelompok Kesenian Jathilan Putri meramaikan Pentas 24 Jam Non Stop Jathilan Sleman di Halaman Parkir Sindu Kusuma Eduprak Sinduadi Mlati yang berlangsung Sabtu (21/5/2016) hingga Minggu (22/5/2016). (Abdul Hamied Razak/JIBI - Harian Jogja)
23 Mei 2016 09:55 WIB Sleman Share :

Agenda seni Sleman ada 17 kelompok kesenian jathilan putri yang pentas selama 24 jam

Harianjogja.com, SLEMAN- Para seniman dari 17 kelompok seni Jathilan Putri menggelar pentas selama 24 jam non stop di Halaman Parkir Sindu Kusuma Eduprak Sinduadi Mlati. Kegiatan untuk memeriah 1 Abad Sleman itu digelar selama dua hari, Sabtu (21/5/2016) hingga Minggu (22/5/2016).

Kepala Dinas Budpar Sleman AA. Laksmi Dewi mengatakan, dibandingkan kelompok Jathilan putra, keberadaan kelompok Jathilan putri belum banyak dikenal. Pementasan tersebut dilakukan salah satunya untuk mengenalkan kelompok Jathilan putri kepada masyarakat.

"Masing-masing kelompok tampil selama maksimal 40 menit. Pentas ini juga dapat memacu kreasi seni baik dari segi tata tari, tata rias, tata busana serta kreasi iringan bagi para seniman Sleman," katanya di sela-sela kegiatan.

Sementara Bupati Sleman dalam sambutannya menyatakan, pentas tersebut sangat menghibur masyarakat dan memberikan fasilitas bagi para seniman untuk menunjukkan kreativitas seninya. Dia berharap, pentas tersebut selain untuk memeriahkan hari jadi Sleman yang 1 abad juga semakin menggairahkan parisiwata di Sleman.

Di wilayah Sleman, katanya, terdapat 300 kelompok Jathilan. "Ini menunjukkan kesenian Jathilan ini merakyat dan digemari masyarakat," katanya.