TIONGHOA JOGJA : Hormati Umat Muslim Saat Puasa, Lomba Perahu Naga Diajukan

JIBI/HARIAN JOGJA/GIGIH M. HANAFIFESTIVAL PERAHU NAGA--Tim dayung berusaha mendayung perahunya memacu laju perahu untuk mengalahkan lawan saat mengikuti lomba Perahu Naga di Bendung Tegal, Bantul, Minggu (24/6). Lomba perahu naga yang dikuti oleh 17 team dari wilayah DIY - Jateng, Ngawi tersebut merupakan rangkaian acara peringatan Peh Cun yang jatuh pada hari Sabtu (24 - 6) kemarin.
25 Mei 2016 21:55 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Tionghoa Jogja kembali mengadakan lomba perahu naga.

Harianjogja.com, JOGJA-Lomba perahu naga diselenggarakan setiap tahun untuk memperingati Peh Cun yang jatuh setiap tanggal 5 bulan 5 kalender Imlek. Untuk bulan ini, Peh Cun jatuh pada tanggal 9 Juni kalender Masehi.

Ketua I perkumpulan Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) Jimmy Sutanto mengatakan, karena pada 9 Juni sudah memasuki bulan puasa maka perayaan Peh Cun diajukan pada hari Minggu (29/5/2016). Kegiatannya akan mengambil tempat di Laguna Depok, Parangtritis.

(Baca Juga :http://www.harianjogja.com/baca/2015/06/20/perayaan-peh-cun-di-parangtritis-digelar-sederhana-hormati-ibadah-puasa-616392"> Perayaan Peh Cun di Parangtritis Digelar Sederhana, Hormati Ibadah Puasa)

Biasanya lomba perahu naga diikuti komunitas dayung dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Lomba perahu naga ini menjadi kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dengan hari raya Peh Cun.