PENGISIAN WAGUB DIY : PA X Dilantik, Apa Saja Harapan Warga

26 Mei 2016 09:55 WIB Jogja Share :

Pengisian Wagub DIY akhirnya terjadi dengan dilantiknya PA X.

Harianjogja.com, JOGJA -- Aktivis Keistimewaan Widihasto Wasana Putro menuturkan pihaknya senang dengan lancarnya proses penetapan Pengisian Wagub DIY sebagai Wakil Gubernur DIY ini di Istana Negara Jakarta Rabu (25/5/2016). Pasalnya proses pelantikan KGPAA Paku Alam X sejak dinobatkan menjadi Adipati baru 7 Januari lalu hingga mengisi jabatan wakil Gubernur DIY terbilang cepat.

“DPRD DIY juga melakukan tahapan mekanisme pengisian jabatan Wagub DIY Sesuai UU Keistimewaan,” kata dia.

Hasto pun berharap posisi kepala daerah DIY yang kini lengkap dapat mewujudkan DIY yang semakin maju dan sejahtera sesuai tujuan keistimewaan DIY.

Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung laksana menyampaikan ucapan selamat terhadap dilantiknya KGPAA Paku Alam X sebagai Wagub DIY.

Dia berharap PA X dapat segera menjalankan tugas mendampingi Gubernur DIY. Terlebih selama enam bulan terakhir Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X terpaksa bekerja tanpa wakil.

“Terisinya Wagub DIY berarti roda pemerintahan bisa berjalan semakin cepat untuk menciptakan masyarakat DIY yang sejahtera, adil dan makmur,” kata dia.

Harapan terhadap kepemimpinan PA X sebagai Wagub DIY juga disampaikan relawan PMI sekaligus pedagang di sekitar Malioboro, Rusdianti. Dia berharap adanya Wagub DIY bisa membuat warga DIY semakin sejahtera dan makmur. Selain itu keberadaan Wagub menurutnya juga bisa membuat kebijakan yang dibuat Pemda lebih merakyat dan member kesempatan masyarakat kecil untuk mengembangkan diri.

“ Mudah-mudahan Wagub yang baru ini bisa merakyat dan melihat langsung apa yang dibutuhkan warga DIY sebelum menentukan kebijakan,” kata dia.