ANGKUTAN RINGROAD : Halte Bus Ringroad dan Trans Jogja Berdekatan, Ini Tujuannya

Ilustrasi bus angkutan penumpang (JIBI/Solopos - Dok.)
27 Mei 2016 07:20 WIB Jogja Share :

Angkutan Ringroad segera beroperasi

Harianjogja.com, JOGJA – Angkutan ringroad DIY akan segera beroperasi bulan depan. Lima bus bantuan yang akan dikelola PT DAMRI saat ini sedang menunggu proses penggantian warna plat nomor.

(Baca Juga : http://www.harianjogja.com/baca/2016/01/19/angkutan-ringroad-bus-penghubung-dinilai-kurang-efektif-mengapa-682182">ANGKUTAN RINGROAD : Bus Penghubung Dinilai Kurang Efektif, Mengapa?)

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanta mengatakan upaya pengadaan angkutan ringroad ini menurut Sigit dipicu oleh munculnya berbagai tempat kegiatan baru baik di dalam maupun di luar area ringroad. Tempat-tempat itu saat menjadi pusat-pusat kegiatan dan keramaian yang membutuhkan dukungan sistem transportas umum. Terlebih samapi saat ini potensi untuk angkutan transportasi umum yang beroperasi di sepanjang ringroad pun muncul dan belum tergarap.

Untuk menunjang operasional angkutan ringroad, mantan Kepala Biro Umum dan Protokoler Sekda DIY itu menuturkan pihaknya sudah merancang halte portabel yang aka ditempatkan tak jauh dari halte-halte Trans Jogja di sekitar Ringroad. Dengan begitu angkutan ini sekaligus bisa menjadi angkutan penghubung dan feeder untuk jaringan trayek Trans Jogja.

“Kami akan menyediakan halte terpisah yang lokasinya tak jauh dari Trans Jogja, bus ini akan memiliki ketinggian pintu yang sama dengan Trans Jogja,” imbuh Sigit.

Saat beroperasi nanti, bus yang rencananya akan dikelola PT DAMRI itu akan menggunakan tarif non-subsidi. Soal jumlah yang masih terbatas, Sigit berjanji akan menambahkan jumlah armada ini di tahun mendatang.

Sebelumnya, anggota Komisi C DPRD DIY Chang Wendriyanto menilai keberadaan bus Ringroad bisa menjadi solusi transportasi umum yang baik. Apalagi selama ini memang belum ada bus yang khusus menelusuri jalur ringroad. Dengan semakin banyaknya pilihan moda transportasi umum dia pun ebrharap masalah kemacetan di DIY bisa teratasi.

"Bus itu juga bisa jadi solusi untuk menghubungkan penumpang ke berbagai halte dan terminal," kata dia.