BBM TERBARU : Hari Ini, Dexlite Mulai Diujicoba di DIY

Bahan bakar jenis baru untuk mesin diesel diujicobakan di SPBU Singosaren, Bantul, Senin (30/5/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI - Harian Jogja)
30 Mei 2016 11:22 WIB Kusnul Isti Qomah Bantul Share :

BBM terbaru, Dexlite mulai diujicoba edar di DIY

Harianjogja.com, BANTUL--PT Pertamina (Persero) DIY dan Surakarta melakukan uji coba bahan bakar jenis baru untuk mesin disel dexlite di dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di DIY, salah satunya SPBU Singosaren, Bantul, Senin (30/5/2016). SPBU lain adalah SPBU Giwangan Jogja.

Marketing Branch Manager PT Pertamina (Persero) DIY dan Surakarta Dody Prasetya mengatakan, dexlite merupakan solar non subsidi. "Posisi dexlite ada di tengah-tengah antara pertamina dex dan solar," kata dia di SPBU Singosaren, Bantul, Senin (30/5/2016).

Ia menjelaskan dexlite memiliki angka cetane number (CN) 51 dan kandungan sulfur maximal 1.200 ppm (part per million), atau lebih tinggi dari produk solar dengan angka CN 48 dan kandungan sulfur maximal 3.500 ppm. Adapun pertamina dex yang merupakan produk bahan bakar diesel terbaik di Indonesia mempunyai angka CN 53 dengan kandungan sulfur maksimal 500 ppm.

CN berpengaruh pada kualitas pembakaran di dalam mesin. Semakin tinggi CN semakin berkualitas pembakaranya. Sementara itu, dexlite memiliki kandungan sulfur 1.200 ppm sedangkan solar memiliki kandungan sulfur 3.000 ppm. "Untuk mesin mobil common rail, kalau sulfurnya tinggi bisa menyumbat injektor," kata dia.

Dexlite merupakan produk bahan bakar diesel yang diformulasikan untuk konsumen pengguna kendaraan bermesin diesel sejalan dengan makin ketatnya batasan emisi gas buang. “Dari sisi harga, untuk daerah Jateng dan DIY, Dexlite dijual pada harga Rp6.650 per liter. Dexlite dikatakan sebagai produk win win solution bagi pengendara kendaraan bermesin diesel yang membutuhkan bahan bakar dengan kualitas baik dengan harga yang bersahabat," ungkap dia.

"Ini tahap awal untuk uji pasar terlebih dahulu. Rencananya ada dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum [SPBU] di DIY yang akan menjual dexlite untuk tahap awal selain di Singosaren juga di Giwangan," kata dia.

Saat ini pertamina dex dijual dengan harga Rp8.200 per liter sedangkan solar bersubsidi sebesar Rp5.150 per liter.