Advertisement

KONSUMSI BBM DIY : Konsumsi Dexlite Baru 10 Kiloliter per Hari

Kusnul Isti Qomah
Rabu, 03 Agustus 2016 - 14:20 WIB
Nina Atmasari
KONSUMSI BBM DIY : Konsumsi Dexlite Baru 10 Kiloliter per Hari Bahan bakar jenis baru untuk mesin diesel diujicobakan di SPBU Singosaren, Bantul, Senin (30/5/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Konsumsi BBM DIY untuk jenis dexlite baru 10 kiloliter di DIY

Harianjogja.com, JOGJA--Sejak diluncurkan akhir Mei 2016, konsumsi bahan bakar varian baru, dexlite mencapai 10.000 liter atau 10 kilo liter (KL) per hari di DIY. Pertamina berkomitmen untuk terus meningkatkan konsumsi dexlite.

Advertisement

PT Pertamina (Persero) DIY dan Surakarta melakukan uji coba bahan bakar jenis baru untuk mesin disel dexlite pada 30 Mei 2016.

Communication and Relation Officer Pertamina MOR IV Didi Andrian Indra mengatakan, sampai saat ini ada empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di DIY yang menyediakan dexlite.

Keempta SPBU tersebut yakni SPBU 44.55111 Jl. Ringroad Selatan, Giwangan; SPBU 44.55112 Jl. Ringroad Selatan, Singosaren; SPBU 44.55115 Jl. Sultan Agung No.166; dan SPBU 44.55801 Karangtengah, Wonosari.

“Dengan jumlah outlet yang belum terlalu banyak memang konsumsi hariannya pun belum terlalu signifikan. Ya kurang lebih 10 KL per hari,” ujar dia, Selasa (2/8/2016).

Didi mengatakan, Pertamina akan terus mengenalkan dexlite kepada masyarakat sehingga semakin populer. Masyarakat diimbau menggunakan dexlite untuk kendaraan bermesin disel yang dimiliki karena kualitasnya lebih baik. Pada ujungnya, bahan bakar varian baru ini diharapkan semakin meningkat konsumsinya.

Sementara itu, Himpunan Wiraswasta Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Bumi dan Gas (Hiswana Migas) DIY juga terus berupaya mempopulerkan dexlite.

Ketua Hiswana Migas DIY Siswanto mengungkapkan, para pengguna kendaraan pribadi dan mobil niaga berbahan bakar solar yang sebelumnya memakai solar subsidi beralih ke dexlite. “Solar subdisi diharapkan dinikmati oleh pihak sesuai sasaran,” kata dia.

Dexlite memiliki angka cetane number (CN) 51 dan kandungan sulfur maximal 1.200 ppm (part per million), atau lebih tinggi dari produk solar dengan angka CN 48 dan kandungan sulfur maximal 3.500 ppm. Adapun pertamina dex yang merupakan produk bahan bakar diesel terbaik di Indonesia mempunyai angka CN 53 dengan kandungan sulfur maksimal 500 ppm.

CN berpengaruh pada kualitas pembakaran di dalam mesin. Semakin tinggi CN semakin berkualitas pembakarannya. Sementara itu, dexlite memiliki kandungan sulfur 1.200 ppm sedangkan solar memiliki kandungan sulfur 3.000 ppm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement