PENATAAN STASIUN TUGU : Relokasi Pedagang ke Lempuyangan, KAI Siapkan Kios

03 Oktober 2016 17:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Penataan Stasiun Tugu membuat pedagang harus direlokasi sementara

Harianjogja.com, JOGJA- Executive Vice President PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 6 Jogja, Hendy Helmi mengatakan pedagang di kawasan Stasiun Tugu akan menempati sementara di Jalan Lempuyangan, tepatnya barat Percetakan Negeri dan Jalan Tukangan.

(Baca juga : http://harianjogja.solopos.com/?p=757860" target="_blank">PENATAAN STASIUN TUGU : Direlokasi ke Lempuyangan, Pedagang Minta Jaminan)

Relokasi kedua lokasi tersebut sesuai dengan arahan dari Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat selaku pemilik lahan.

Namun, rencana relokasi yang awalnya akan dilakukan akhir bulan kemarin harus tertunda. Pihaknya terlebih dahulu akan menyiapkan sarana prsarana di lokasi baru untuk pedagang.

"Kita akan bangun dulu kios sementara supaya mereka lebih mudah," kata Hendy, Senin (3/10/2016).

Ia mengatakan pembangunan kios sementara tidak akan lama sehingga sebelum akhir tahun ini kios baru tersebut sudah bisa ditempati pedagang. Dalam catatan KAI Daerah Operasional 6 ada sekitar 120 pedagang yang akan dipindah ke lokasi baru tersebut.

Hendy membenarkan pedagang akan dikembalikan lagi ke Jalan Pasar Kembang setelah penataan selesai, namun dengan konsep yang berbeda.

Konsep tersebut, ujar Hendy, kawasan selatan Stasiun Tugu masih akan dibangun kios bertingkat namun bukan diatas trotoar. Sementara trotoar khusus pejalan kaki.

Rencana penataan kawasan Stasiun Tugu Jogja secara keseluruhan akan dimulai pada 2017 dan selesai 2019 mendatang dengan dana sekitar 10 triliun. Stasiun tersebut akan dirancang sebagai stasiun modern namun tetap menunjukan ciri khas Jogja.

Bagian depan bangunan atau sisi timur stasiun akan dibangun mercusuar membentuk keris agar penumpang yang tiba di stasiun tersebut langsung merasakan suasana Jogja.