MENYAPA PROGO : Mahasiswa UGM Ini akan Tampilkan Tari Angguk di Kalimantan

03 Oktober 2016 18:55 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Menyapa progo kali ini menampilkan mahasiswa yang akan mementaskan tari Angguk

Harianjogja.com, KULONPROGO- Merlangen Enfani Harismina akan menampilan tari angguk asal Kulonprogo dalam Pagelaran Tari Nusantara di di Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Penampilan tersebut sebagai salah satu bagian acara Sail Karimatan 2016 yang akan digelar pada pertengahan Oktober ini.

Mahasiswi Departemen Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ini merupakan salah satu delegasi  DIY dalam kegiatan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2016.

Kegiatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI ini membawa misi persahabatan dan kebudayaan dalam memperkenalkan potensi bahari.

Merlangen akan mulai berlayar dari Jakarta pada 8 Oktober 2016 dan mengikuti puncak acara Sail Selat Karimata pada 15 Oktober 2016 di Kayong, Kalimantan Barat.

Dalam acara tersebut, para delegasi ini bertugas menyambut sejumlah tamu negara yang akan hadir. Selain itu, akan dilakukan pula beragam program kebudayaan dan sosial di Kayong Utara.

Paling tidak, mereka akan menetap selama beberapa hari di pemukiman warga lokal dan menampilkan pentas kesenian di hadapan pemerintah daerah setempat.

“Rencananya kami akan membawakan tarian kesenian angguk asal Kulonprogo,”ujarnya ketika berbincang dengan Harianjogja.com, Minggu (2/10/2016).

Tak hanya itu, Merlangen bersama delegasinya pun dibekali dengan pemahaman akan tarian yang akan dibawakannya.

Meski kerap kali mengikuti beragam kegiatan, namun ia mengaku tak sabar ingin mengetahui kehidupan di Kayong Utara. “Wondering banget di Kayong nanti bakal kayak apaan,” urai Merlangen dengan wajah sumringah.

Menurutnya, ia tak sabar lagi melihat reaksi warga setempat terhadap kekayaan daerah yang akan dibawakannya. Selain itu, kesempatan bertemu dengan delegasi dari seluruh penjuru Nusantara juga menjadi suatu momentum untuk memperkenalkan baik tarian angguk maupun DIY keseluruhan.