Festival Anggrek Tricolor Digelar di Sleman

04 Oktober 2016 10:54 WIB Sleman Share :

Festival anggrek tricolor akan digelar di Sleman

Harianjogja.com, SLEMAN- Kawasan wilayah dilereng Gunung Merapi yang memiliki potensi dan kecocokan lahan untuk budidaya anggrek. Saat ini anggrek Tricolor khususnya Tricolor Merapi dinilai semakin langka.

Untuk mengantisipasi keprihatinan tersebut Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DIY dan Fakultas Biologi UGM didukung Pemkab Sleman menyelenggarakan Festival Vanda Tricolor Var Suavis.

Ketua Panitia Festival Vanda Tricolor, Kadarso mengatakan, Festival Anggrek Tricolor digelar untuk melestarikan dan menumbuhkembangkan tanaman anggrek Vanda Tricolor. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan apresiasi terhadap tanaman anggrek secara umum. Festival akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 Oktober 2016 di Taman Anggrek Tiri Orchids, Boyong, Harjobinangun, Pakem.

"Peserta terbuka untuk umum dari berbagai daerah. Selain itu panitia juga menggelar pameran dan bursa anggrek, demo merangkai anggrek Vanda Tricolor, dan pelatihan budidaya anggrek," kata Kadarso, Selasa (4/10/2016).

Peserta yang menjadi pemenang dalam festival ini memperoleh sertifikat dan bantuan stimulan pemeliharaan. Calon peserta festival, lanjutnya, dapat mengirim tanaman anggrek yang difestivalkan paling lambat pada 13 Oktober 2016 di Taman Anggrek Tiri Orchids. "Kami menyediakan kontak panitia di 0852 9230 0379, 0821 3453 6491," katanya.