LALU LINTAS GUNUNGKIDUL : Pengendara Terabas Jalur Searah Depan Pasar Semin

Sejumlah kendaraan mekat menerabas jalur searah yang ada di depan Pasar Semin. Selasa (4/10/2016). (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)
04 Oktober 2016 23:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Lalu lintas Gunungkidul yang ditata belum sepenuhnya ditaati.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Penerapan jalur searah di depan Pasar Semin ternyata belum sepenuhnya dipatuhi warga. Pasalnya hingga sekarang, kebijakan tersebut masih sering dilanggar karena banyak pengendara yang melaju di dua jalur.

Penerapan jalur searah yang dilakukan sejak akhir Juni lalu bertujuan untuk mengurai kemacetan di depan pasar. Selain itu, langkah tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan keberadaan Terminal Semin. Sayangnya kebijakan itu belum berjalan lancar karena banyak pengendara yang menerabas aturan jalur searah tersebut.

Jika sesuai aturan, jalur depan Pasar Semin hanya untuk melintas kendaraan yang berasal dari arah utara. Sedang kendaraan yang melaju dari arah selatan harus lewat jalur lingkar yang ada di samping Kantor BPD DIY. Namun faktanya, sejumlah pengendara dari arah selatan nekat menerabas dan tetap melintas jalur di depan pasar.

Salah seorang pedagang di Pasar Semin Sadiman membenarkan jika pengendaara masih banyak yang belum menaati aturan jalur searah yang telah diberlakukan. Padahal menurut dia, dari sisi rambu-rambu sudah terpasang dan terlihat jelas, jika jalur searah diberlakukan mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

“Sampai sekarang masih tetap berlaju dua jalur, meski aturan itu [jalur searah] sudah ditetapkan beberapa bulan lalu,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (4/10/2016).