PILKADA KULONPROGO : Ini Ketentuan Lolos Tes Kesehatan bagi Cabup-Cawabup

Zuhadmono Azhari dan BRAy Iriani Pramastuti tengah melakukan tes kesehatan (Sekar Langit Nariwari/JIBI - Harian Jogja)
04 Oktober 2016 12:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Pilkada Kulonprogo, balon jalani pemeriksaan kesehatan

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Dua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kulonprogo , Hasto Wardoyo - Sutedjo dan Zuhadmono - BRay Iriani Pamastuti menjalani pemeriksaan kesehatan tahap pertama di RSUD Wates pada Senin (3/10/2016). Dalam pemeriksaan tersebut, rambut tiap paslon sedianya akan dikirim dan diperiksa di Jakarta oleh BNN.

Zuhadmono, salah satu calon bupati Kulonprogo, mengatakan pemeriksaan ini merupakan salah satu tahapan dalam pilkada.

“Tadi tes kesehatan secara menyeluruh baik, darah, urine, maupun rontgen,”ujarnya. Ia sendiri mengaku optimis bisa memenangkan pilkada Kulonprogo dengan dukungan dari sejumlah rekan-rekan seperjuangannya.

Sementara itu, Hasto Wardoyo mengatakan pandangannya bahwa tahapan pemeriksaan tersebut berjalan lancar dan normatif. Ia juga diwawancara mengenai sejumlah kebiasaan mengonsumsi baik alkohol maupun narkoba. “Saya jelaskan saja tidak pernah,”kata Hasto.

Tamyus Rohman, Ketua Panwaslu Kulonprogo mengatakan sejumlah koordinasi dengan tim kesehatan RSUD Wates memang telah dilakukan. Ditekankan pula semua paslon harus diberlakukan dengan sama dan adil guna menjaga netralitas.

Panwaslu sendiri melakukan pengawasaan secara menyeluruh untuk seluruh tahapan meski ada sejumlah batasan dalam pemeriksaan kesehatan.

“Ada privasi dokter yang harus dihormati sehingga kami [Panwaslu] tidak bisa masuk,”jelasnya.

Panwaslu sendiri mempercayakan sepenuhnya sampel rambut yang akan dibawa ke Jakarta oleh BNN. Meski demikian, akan sangat lebih baik apabila KPU sendiri bisa langsung melakukan pengawalan terhadap sampel tersebut.

Hal ini guna mengantisipasi sejumlah potensi permasalahan. Namun, Panwaslu juga telah melakukan pengecekan pada biodata tim kesehatan agar sesuai dengan aturan yang berlaku. Kedua paslon sendiri masih akan menjalani pemeriksaan kesehatan hari ini untuk mata, gigi, dan psikologi. Hasil pemeriksaan kesehatan ini akan diserahkan ke KPU Kulonprogo pada hari berikutnya.