HOTEL DI JOGJA : Dua Pembatik Temani Tamu di Gallery Prawirotaman Hotel

Pembatik hadir di area pool dan Vine Restaurant Gallery Prawirotaman Hotel dalam rangka Hari Batik Nasional, Minggu (2/10 - 2016). (Foto Istimewa)
07 Oktober 2016 13:53 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Hotel di Jogja, Gallery Prawirotaman Hotel menghadirkan dua pembatik

Harianjogja.com, JOGJA-Gallery Prawirotaman Hotel memiliki cara tersendiri untuk meramaikan Hari Batik Nasional 2 Oktober kemarin. Hotel yang terletak di kampung turis Prawirotaman ini menghadirkan dua orang pembatik di area pool dan Vine Restaurant Gallery Prawirotaman Hotel, Minggu (2/10/2016) saat jam sarapan.

"Jadi selama menikmati hidangan pagi, tamu ditemani dengan dua orang pembatik yang sedang memeragakan cara membatik dengan canting," kata Irin Chrisnawati selaku Public Relations Gallery Prawirotaman Hotel, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (6/10/2016).

Hadirnya “Batik Corner” dalam breakfast pun tak kalah mengundang perhatian banyak tamu, tak terkecuali tamu Indonesia dan tamu asing, tua dan muda.

“Tujuan kami mengundang pembatik sederhana saja, untuk mengajak para tamu kami menyaksikan langsung bagaimana proses membatik. Selain itu, kami juga ingin mengenalkan lebih dekat kepada tamu asing kami tentang budaya batik,” lanjut Irin.

Bekerja sama dengan Kursus Batik “Kelik” yang berlokasi di Kampung Karangkajen, Mergangsan, Yogyakarta, Gallery Prawirotaman Hotel juga memberi kesempatan kepada para tamu yang hendak belajar membatik untuk mengikuti kelas batik. Untuk semakin meramaikan Hari Batik, tak lupa seluruh staf yang bertugas di hari Minggu (2/10/2016) mengenakan seragam batik.

Batik sendiri telah mendapat pengakuan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. UNESCO mengategorikan batik dalam daftar warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Sejak itulah setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional.