PEPARNAS 2016 : Semakin Banyak Atlet Paralimpik Kulonprogo Ikut Peparnas

JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoSejumlah atlet difabel bersalaman dengan (kiri ke kanan) Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X, Ketua DPRD Provinsi DIY Yoeke Indra Agung Laksana, Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam IX dan Ketua KONI DIY GBPH Prabukusumo saat mengikuti acara pengukuhan dan pelepasan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII dan Peparnas ke-VIV di Bangsal Kepatihan, Jogja, Selasa (28 - 8). Dalam PON XVII nanti DI.Yogyakarta akan mengirimkan 208 atlet, 100 official dan 68 pendamping yang a
11 Oktober 2016 18:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Peparnas 2016 dari Kulonprogo dikirim 13 atlet

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kulonprogo akan mengirimkan 13 atlet mewakili DIY berlaga dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV 2016 di Bandung, Jawa Barat.

Jumlah tersebut merupakan peningkatan dari kesempatan sebelumnya yang hanya mencapai tujuh atlet.

Gelaran olahraga tersebut akan diadakan pada 12 hingga 25 Oktober mendatang. Sebelum bertolak ke Bandung, sejumlah atlet ini berpamitan secara langsung dengan penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono di Ruang Menoreh Setda Kulonprogo, Senin (10/10/2016).

Penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono menyatakan kebanggaannya karena peningkatan jumlah atlet Kulonprogo yang mampu berpatisipasi dalam gelaran olahraga nasional ini.

Ia meminta gara para atlet yang berlaga dapat mengeluarkan prestasi terbaiknya dan berupaya maksimal. Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa hal ini menjadi prestasi dan tantangan bagi Pemkab Kulonprogo dalam melakukan pembinaan atlet sehingga raihan positif ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

Sekretaris Nasional Paralimpic Committee (NPC), Wahyu Adi Nugroho menjelaskan bahwa dalam Peparnas XIV Riau sebelumnya memang hanya ada tujuh atlet Kulonprogo dalam kontingen DIY.

Namun, tahun ini Kulonprogo mengirim 13 atlet, dua pelatih, dan satu pendamping. Sejumlah atlet ini akan berlaga dalam cabang olahraga panahan, atletik, dan voli duduk.

Ia menguraikan bahwa lima atlet tuna daksa, tuna rungu, dan tuna netra akan mengikuti cabor atletik di berbagai nomor antara lain lompat tinggi, lompat jangkit, lempar lembing, lari 500 meter, dan estafet.

Sementara tiga atlet tuna daksa mengikuti cabor panahan di kelas compound, recurve, dan standard bow. Sedangkan lima atlet tuna daksa lainnya mengikuti cabor voli duduk.

Sejumlah atlet Kulonprogo ini ditargetkan mampu meraih empat emas, tiga perak, dan satu perunggu. Atletik menjadi olahraga yang paling dijagokan dengan target dua emas dan dua perak. Wahyu menguraikan bahwa target ini didasarkan pada atlet Kulonprogo mampu merebut satu perak dan satu perunggu di nomor atletik pada Peparnas Riau lalu.

Selain itu, nomor panahan juga kebagian target membawa pulang dua emas dan satu perak sedangkan voli duduk menargetkan satu perunggu.