PENDIDIKAN SLEMAN : Orang Tua Belajar Aktifkan Parental Control untuk Gadget

Para orang tua siswa Olifant School belajar mengaktifkan proteksi-proteksi yang bisa diaplikasikan untuk berbagai media sosial, link, maupun website melalui program School for Parents Digital Awareness di Olifant School Jogja, belum lama ini. (JIBI/Harian Jogja - IST.Olifant School)
13 Oktober 2016 03:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati Sleman Share :

Pendidikan Sleman, orang tua pun perlu diedukasi.

Harianjogja.com, SLEMAN -- Sekitar 50 orang tua membawa beragam gadget ke Olifant School, Kamis (6/10/2016). Bukan untuk pameran, melainkan karena para orangtua ingin menjadi smart parents dengan belajar langsung bagaimana cara mengaktifkan proteksi-proteksi yang bisa diaplikasikan untuk berbagai media sosial, link, maupun website melalui program School for Parents “Digital Awareness” di Olifant School Jogja.

Mengingat krusialnya peran orangtua sebagai filter dalam menyeimbangkan dampak positif dan negatif dari paparan informasi melalui internet, Olifant School membuka sesi pelajaran untuk orang tua agar tidak kalah dengan laju teknologi dan dapat menggunakan teknologi dengan lebih smart demi pendampingan positif untuk anak terutama remaja.

Head of Preschool Olifant School Dewi Setyorini mengatakan, paparan informasi yang semakin deras tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri apalagi bagi orangtua yang memiliki anak yang menginjak remaja. Akses media merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan pandangan remaja mengenai norma, perilaku, nilai-nilai seksual, norma gender, dan sebagainya.

“Di masa menginjak remaja di mana memang secara fisik dan psikologis sedang mencapai fase rasa ingin tahu yang memuncak, dunia maya kerap menjadi tempat untuk bersosialisasi dan memuaskan keingintahuan akan informasi,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (12/10/2016).

Ia mengatakan, perlu disadari bahwa tidak ada proteksi yang 100% bisa mengamankan anak dan remaja dari paparan berbagai informasi internet, baik melalui media sosial ataupun game-game. Namun setidaknya orangtua dapat lebih waspada dan mengupayakan filter untuk mengurangi paparan konten-konten yang belum sesuai dengan usia anak atau remaja.

School for Parents “Digital Awareness” yang diinisiasi sekolah bersama orang tua murid dr. Danny Wiguna, Sp.Og dan Affandy serta didukung partisipasi orang tua dan tim IT Olifant ini sukses dengan target tidak hanya memberikan edukasi namun juga memberikan pelatihan langsung cara-cara menyeting proteksi di masing-masing gadget peserta, sebagai aksi nyata yang manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh orangtua.