Sugiyarto Jadi Ketua DPD Golkar Gunungkidul Secara Aklamasi

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Dok)
13 Oktober 2016 19:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul Sugiyarto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Golkar Gunungkidul periode 2016-2021

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul Sugiyarto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Golkar Gunungkidul periode 2016-2021 dalam Musyawarah Daerah yang digelar di Joglo Jawa, Wonosari, Rabu (12/10/2016).

Target tinggi pun langsung dicanangkan ketua baru, karena ingin mengembalikan hegemoni politik seperti di Pemilu 2004 lalu, di mana partai berlambang Pohon Beringin itu memeroleh 11 kursi di DPRD.

“Saya kira target 12 kursi masih bisa diraih,” kata Sugiyarto kepada wartawan, usai pelaksanaan musda

Menurut dia, guna mencapai target tinggi tersebut, pihaknya akan melakukan konsolidasi internal sehingga kesolidan partai dari tiap tingkatan bisa diwujudkan. Sugiyarto pun menyakini jika hal tersebut bisa dilakukan maka pencapaian target yang telah dicanangkan akan lebih mudah diraih.

Keyakinan dari Ketua Komisi A DPRD ini juga tidak lepas dari wacana KPU untuk memekarkan daerah pemilihan Gunugkidul dari lima menjadi enam pemilihan.

Adanya perubahan konstelasi ini maka disetiap dapil akan ditargetkan meraih dua kursi di pemilihan mendatang. “Saya kira dengan dua kursi di masing-masing dapil sudah sangat bagus,” imbuhnya.

Proses pemilihan Ketua DPD baru ini berjalan lancar. sebelum pemilihan digelar, awalnya tedapat empat calon yang siap bertarung. Nama-nama calon itu di ataranya Wakil Ketua DPRD Gunungkidul yang juga menjabat sebagai calon incumbent Marsiyono, Sekretaris DPD Golkar Gunungkidul Heri Nugroho, Samsul Hari dan Sugiyarto.

Saat memasuki masa pendaftaran, Heri Nugroho dan Samsul Hari memilih untuk tidak mendaftar dalam bursa pencalonan sehingga tinggal dua kandidat.

Namun drama pemilihan ketua tidak berakhir di sini, sebab di detik-detik akhir calon incumbent Marsiyono juga menarik diri dari pencalonan.

Otomatis dengan mundurnya tiga bakal calon ini membuat Sugiyarto melenggang sendirian hingga akhirnya dipilih sebagai Ketua DPD Golkar Gunungkidul  2016-2021 secara aklamasi dengan musyawarah mufakat.

“Saya menerima hasil ini dan puas dengan penyelenggaraan musda,” kata Heri Nugroho, salah satu calon yang menggundurkan diri dari bursa ketua.

Dia mengatakan, dengan berakhirnya pemilihan ketua maka fokus akan dialihkan untuk proses tujuan pengembangan partai. Salah satunya untuk mengembalikan hegemoni partai yang pernah dipegang beberapa tahun yang silam.

“Pemilihan ketua berlangsung dengan damai dan lancar ini jadi satu pertanda langkah yang baik untuk mewujudkan target-target yang lebih besar lagi,” kata Anggota DPRD Gunungkidul ini.