HUT KULONPROGO : Pedagang Pasar Gelar Upacara Berbusana Tradisional

Sejumlah pedagang mengikuti upacara HUT Kulonprogo dengan mengenakan busana tradisional Jawa di depan Pasar Wates, Sabtu (15/10/2016) pagi. (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)
16 Oktober 2016 18:34 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

HUT Kulonprogo dimeriahkan dengan upacara oleh pedagang pasar

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sejumlah pedagang pasar melaksanakan upacara dengan mengenakan busana tradisional jawa di depan Pasar Wates, Sabtu (15/10/2016) pagi.

Upacara dilakukan berdasarkan instruksi Bupati Kulonprogo sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT Kulonprogo.

Pedagang nampak antusias dan bersemangat mengikuti upacara. Meski berusaha melaksanakan upacara dengan khidmat namun suasana sempat terasa canggung. Pasalnya, warga yang biasanya berkegiatan di pasar ini memang masih awam dengan istilah dan bahasa yang digunakan komandan upacara. Dalam sejumlah kesempatan, hal ini malah menyebabkan kelucuan di antara para pedagang.

Anis Nur Aini, salah satu pedagang Pasar Wates, menyatakan antusiasme ikut dalam upacara ini. “Kan jarang, apalagi dengan busana Jawa sekali menguri-uri kebudayaan lokal,” ujarnya seusai upacara.

Ia sendiri sudah sangat lama tidak mengikuti acara serupa sehingga tidak menganggap upacara tersebut memberatkan.

Kepala koordinator Pasar Wates, Juni Pristiwanto membenarkan bahwa pihaknya sudah menyampaikan instruksi untuk pelaksanaan upacara ini kepada seluruh pedagang di Pasar Wates. Namun, memang belum semua pedagang ikut serta dalam upacara tersebut.

Pasalnya, sejumlah pedagang merasa tidak familiar dengan aktivitas ini dan khawatir meninggalkan barang dagangannya. “Kendalanya memang belum semua [pedagang] yang ikut,” jelasnya.