Pegadaian Melelang Ratusan Gram Emas Tak Tertebus

Suasana Bazaar Emas dan Perhiasan di halaman kantor Pegadaian Cabang Tugu Kulon, Senin (17/10/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)
17 Oktober 2016 15:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Pegadaian Cabang Tugu Kulon Jogja rutin dua minggu sekali menggelar lelang emas

Harianjogja.com, JOGJA-PT Pegadaian (Persero) Cabang Tugu Kulon Jogja rutin dua minggu sekali menggelar lelang emas yang dikemas dalam acara Bazaar Emas dan Perhiasan. Dalam sekali bazaar, Pegadaian mampu menjual ratusan gram emas.

Pemimpin Cabang Pegadaian Tugu Kulon Eko Danarto mengatakan, emas yang dilelang merupakan emas yang tidak ditebus pemiliknya.

"Ini tadi kita lelang lebih dari 100 gram emas. Ada dalam bentuk kalung, gelang, cincin. uang kelebihan dari lelang tetap kita kembalikan ke nasabah," jelasnya pada Harianjogja.com di ruangannya, Senin (17/10/2016).

Emas 24 karat dijual Rp526.000 per gram sementara kadar 75% atau yang biasa dikenal emas muda dijual Rp400.000 per gram. Emas yang dilelang ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Dibandingkan harga toko, kata Eko, selisih harga emas di Pegadaian bisa mencapai Rp40.000 per gram. Hal ini terjadi lantaran harga yang ditetapkan Pegadaian tidak menyertakan biaya pembuatan dan biaya pajak.

"Karena harganya terjangkau maka bisa memberi kesempatan pada kalangan menengah ke bawah untuk membeli emas. Pembayarannya pun juga bisa dikredit," tuturnya.