WISATA JOGJA : Jogja Travel Mart Perluas Kerjasama dengan Asia Timur

Jumpa pers JETM 2016 di Hotel Kyriad Pesonna Tugu Yogyakarta, Jogja, Senin (17/10/2016). (Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah)
17 Oktober 2016 20:55 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Wisata di Jogja diperluas hingga Asia Timur

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) DIY dan BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menggelar Jogja EATOF Travel Mart (JETM) 2016.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka pasar parisiwata DIY seluas-luasnya.

Ketua Panitia JETM 2016 Fadli Fahmi Ali mengungkapkan, kegiatan ini akan digelar di Jogja Expo Center (JEC), Bantul pada 20-23 Oktober 2016.

"Penyelenggaraan travel mart pada tahun ketujuh ini dibarengkan dengan East Asia Inter-Regional Tourism Forum [EATOF]," ungkap dia dalam jumpa pers JETM 2016 di Hotel Kyriad Pesonna Tugu Yogyakarta Jogja, Senin (17/10/2016).

Ia menjelaskan, pada pelaksaan JETM 2016 kali ini tercatat ada sebanyak 107 buyer dari DIY dan Jawa Tengah yang akan meramaikan. Selain itu, ada pula 136 buyer dari luar negeri seperti Kanada, Malaysia, Belanda, Filipina, Polandia, Singapura, dan beberapa negara lainnya.

"Event ini mempertemukan buyer dengan seller secara langsung sehingga tercipta peluang bisnis yang saling menguntungkan dan memberikan dampak positif bagi usaha kecil dan masyarakat di sekitar daerah wisata," ungkap dia.

Setelah dibuka pada 20 Oktober, acara ini untuk mempertemukan buyer dan seller akan dilakukan pada  21 Oktober di JEC. Pada penyelenggaraan tahun ini, ada hal yang berbeda yang disajikan.

Kegiatan ini akan diisi beragam pertunjukan seni budaya Indonesia dan juga dari beberapa negara peserta EATOF seperti Mongolia, Vietnam, Tiongkok, Filipina, Korea, dan Malaysia.

"Selain itu, ada pula pertunjukan ketrampilan memasak para chef hotel berbintang, juggling, fruit and ice carving," ungkap dia.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengatakan, ajang ini menjadi momen yang pas untuk meningkatkan kunjungan ke DIY. Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mempertemukan buyer dan seller.