Advertisement

Bantul Kekurangan 1.200 PNS Guru SD

Irwan A Syambudi
Senin, 17 Oktober 2016 - 09:20 WIB
Nina Atmasari
Bantul Kekurangan 1.200 PNS Guru SD Siswa baru bersalaman dengan gurunya di SDN Nogopuro Depok Sleman, Senin (18/7/206). (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Bantul mengalami kekurangan PNS Guru SD

Harianjogja.com, BANTUL— Bantul kekurangan pegawai negeri sipil (PNS) untuk posisi guru sekolah dasar (SD) negeri. Data Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Kabupaten Bantul menunjukkan terdapat kekurangan sekitar 1.200 guru SD negeri.

Advertisement

Menurut Kepala Dikdas Kabupaten Bantul Totok Sudarto jika dihat dari jumlah murid dengan rasio yaitu 1:20, maka kesediaan guru SD di Bantul tidak mencukupi. “Kurangnya ada sekitar 1.200 guru,” kata Totok kepada Harianjogja.com, Minggu (16/10/2016).

Kekurangan tersebut kata Totok adalah karena banyaknya guru SD yang telah pensiun, sementara dalam dua tahun terakhir belum ada penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) khususnya pada posisi guru SD.

Kata Totok demi mengisi kekurangan tersebut untuk sementara diisi oleh guru wiyata bakti yang selama ini digaji jauh dari upah minimal regional (UMR). Kendati demikian dari upah guru wiyata bakti tersebut pun kata Totok cukup banyak menghabiskan anggaran, sehingga untuk pengadaan sarana dan prasarana di sekolah dasar menjadi berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement