KAMPUS JOGJA : Pemilihan Rektor UMY, 3 Kandidat Terjaring

21 Oktober 2016 23:20 WIB Bantul Share :

Kampus Jogja, UMY akan menggelar pemilihan rektor.

Harianjogja.com, BANTUL -- Senat Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY) telah memutuskan ada tiga calon yang akan diusulkan ke  Majelis Pendidikan Tinggi, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjadi rektor kampus.Tiga kandidat yang diusulkan itu adalah  Achmad Nurmandi, Gunawan Budiyanto, dan  Mukti Fajar.

Para calon rektor tersebut dipilih oleh 52 anggota senat UMY. Tiap individu diberikan hak untuk memilih tiga dari total empat calon rektor UMY. Hasil pemilihan rektor tersebut kemudian akan disampaikan ke Majelis Pendidikan Tinggi, Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk kemudian dipilih sosok yang akan memimpin UMY empayt tahun ke depan.

Sebelum pemilihan, setiap para calon rektor menyampaikan program-program yang akan mereka lakukan ketika terpilih menjadi rektor. Keempat calon semuanya memiliki program yang hampir sama, berkaitan dengan peningkatan standar UMY sebagai World Class University.

Salah satu program yang sama tersebut adalah peningkatan mutu pendidikan dan kualitas dosen UMY.

Mantan Rektor UMY Bambang Cipto menyampaikan beberapa strategi ke depan antara lain pembaharuan tata organisasi, fokus pengembangan SDM, meningkatkan kerjasama internasional, meningkatkan kemampuan dosen, meningkatkan jumlah profesional, dan meningkatkan kajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

"Selain itu sudah saatnya bagi UMY untuk meningkatkan enterpreneur mahasiswa. Karena universitas standar QS seperti Stanford dan National University of Singapore (NUS) yang memiliki ranking tinggi, memiliki kualitas mahasiswa yang bagus dalam bidang enterpreneurship," jelas Bambang usai rapat pemilihan calon rektor di kampus setempat, Kamis (20/10/2016) malam.