WISATA GUNUNGKIDUL : Pemkab Beli Tanah Warga untuk Bangun Lahan Parkir

Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) di Pantai Baron Gunungkidul (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)
21 Oktober 2016 16:55 WIB Bhekti Suryani Gunungkidul Share :

Wisata Gunungkidul di Pantai Selatan akan ditata

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan pemerintah telah membeli lahan di Pantai Krakal untuk menampung kios warga yang digeser dari bibir pantai.

“Pemerintah daerah sendiri yang membeli tanah di situ untuk parkir,” jelas Badingah, Jumat (21/10/2016).

Ke depan kata dia, setelah anggaran siap pemerintah akan memulai penataan di Krakal. Namun ia memastikan, pemindahan kios tersebut akan ditempuh dengan sosialisasi terlebih dahulu ke masyarakat. Pemerintah mengklaim menempuh pendekatan dari hati ke hati.

“Kami tata, tapi kami butuh pendekatan ke masyarakat, pendekatan individu. Kami pendekatannya dari hati ke hati,” tuturnya lagi.

Terkait kabar masuknya investor yang ingin membangun resort di sebelah timur Pantai Krakal diakui Badingah. Yaitu perusahaan karoseri mobil PT Mekar Armada Jaya.

“Armada itu lokasinya di sebelah timur, kalau parkir dan kios warga sebelah barat,” ujarnya.

Namun smapai saat ini, Badingah mengatakan belum ada komunikasi lebih lanjut dengan otoritas PT Mekar Armada Jaya terkait investasi resosrt tersebut.

Sebelumnya pemerintah menyebut, sudah ada lima investor yang segera menanamakan modalnya di Gunungkidul. Mayoritas merupakan investor pembangunan hotel dan resort. Pemerintah tengah mempercepat pengurusan izin sejumlah investor tersebut.

Keberadaan hotel dan resort bertujuan memenuhi kebutuhan fasilitas wisatawan kelas menengah ke atas.